Shanghai Masters

Dikalahkan Petenis Non Unggulan, Rafael Nadal Frustrasi

A. Firdaus    •    13 Oktober 2016 12:40 WIB
tenis
Dikalahkan Petenis Non Unggulan, Rafael Nadal Frustrasi
Petenis asal Spanyol Rafael Nadal (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Shanghai: Rafael Nadal harus tersingkir di putaran kedua dari ajang Shanghai Masters 2016. Viktor Troicki menjadi petenis yang mampu membuat Nadal angkat koper lebih cepat dari turnamen ini.

Petenis berusia 30 tahun itu kalah dua set langsung dari Troicki 3-6 6-7. Hasil ini sangat mengejutkan, mengingat Troicki baru pertama kali turun di Shanghai Masters.

Bagi Nadal, hasil ini memperpanjang tren negatifnya. Perlu diketahui, petenis kidal asal Spanyol tersebut belum pernah mencapai final sejak memenangkan gelar kedua tahun ini di Barcelona pada April lalu.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi dalam beberapa minggu ke depan. Ini adalah sesuatu yang saya harus dipikirkan," ujar petenis berperingkat lima dunia ini.

Baca: Nadal Tersingkir oleh Petenis Bukan Unggulan di Shanghai Masters


Usai kekalahan tersebut, percaya diri Nadal mulai kendur. Bahkan peraih 14 grand slam ini belum tahu turnamen apa saja yang akan diikutinya dalam beberapa bulan ke depan.

"Saya belum bisa mengatakan sekarang apa yang akan saya lakukan dalam beberapa bulan ke depan.  Saya tidak yakin tentang kalender saya. Saya tidak yakin tentang hal-hal yang harus saya lakukan untuk mencoba mencapai kondisi 100 persen pada tahun depan," terangnya.

Ada beberapa turnamen besar pada akhir tahun ini. Di antaranya Swiss Indoor, Paris Masters, dan ATP World Tour Finals di London. Namun Nadal mengatakan kalau mengikuti lebih banyak turnamen bukan hal ia butuhkan saat ini.

Baca: Atlet Jet Ski Indonesia Kembali Ukir Prestasi di Pentas Internasional

"Kadang-kadang menjaga performa untuk tetap bisa bersaing bukanlah solusi. Kadang-kadang solusinya adalah untuk berhenti berlatih dulu. Dan mungkin itu kesempatan untuk melakukannya," katanya.

"Saya tidak yakin tentang itu. Mungkin saya akan bermain di Basel dalam dua minggu. Jadi saat ini bukan hari dan waktu yang tepat untuk menganalisis semua ini," tandasnya. (AFP)

Video Nadal Tumbang, Raonic Melaju ke Babak Ketiga Shanghai Masters
 


(ACF)