SEA Games 2017

Tim Renang Indonesia Matangkan Persiapan Terakhir Jelang SEA Games 2017

Achmad Firdaus    •    04 Agustus 2017 23:58 WIB
sea games 2017
Tim Renang Indonesia Matangkan Persiapan Terakhir Jelang SEA Games 2017
Atlet renang Indonesia I Gede Siman Sudartawa saat tampil di SEA Games 2015 Singapura (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim Renang Indonesia siap berjuang di SEA Games 2017, Malaysia, yang akan dimulai pada 21-26 Agustus mendatang. Saat ini, I Gede Siman Sudartawa dan kawan-kawan sudah memasuki persiapan terakhir.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) , Wisnu Wardhana mengatakan, pihaknya akan menggunakan sisa waktu selama dua pekan untuk mempersiapkan para atletnya.

Hasil pada Kejuaraan Renang Dunia di Hungaria, Juli lalu, menjadi tolok ukur kemampuan para atlet untuk bisa bersaing di Malaysia.

"Kejuaraan Dunia Renang di Budapest menjadi salah satu kejuaraan uji coba bagi para atlet. Target utama kami adalah SEA Games. Kami masih punya  dua pekan sebagai persiapan akhir," kata Wisnu ketika dihubungi Antara di Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Atlet-atlet cabang renang, lanjut Wisnu, juga akan masuk tahapan latihan tappering pada sepekan jelang keberangkatan pada 18 Agustus.
 

Baca: Target Emas Kontingen Indonesia di SEA Games 2017


Wisnu menilai atlet renang gaya punggung putra I Gede Siman Sudartawa sudah mulai menampilkan peningkatan dalam grafik penampilan setelah mengikuti Kejuaraan Renang Dunia di Hongaria dan sudah siap untuk berlomba di Kuala Lumpur.

"Indra Gunawan memang belum berlatih secara maksimal sebelum mengikuti kejuaraan dunia. Kami juga tidak ingin puncak penampilan dia ada di Hongaria karena itu ada ketika SEA Games," kata mantan atlet renang Indonesia itu.

PRSI juga akan melakukan penyesuaian latihan pada dua pekan terakhir sesuai dengan karater atlet-atlet putri seperti Azzahra Permatahani, Felicia Angelica, dan Yessy Venisia Yosaputra.
 

Baca juga: Jauhari Johan Siap Rebut Medali Emas di SEA Games 2017


"Persiapan mereka secara keseluruhan sudah maksimal. Ressa Kania juga tetap stabil penampilannya. Kami berharap mereka dapat menjaga kondisi dan berprestasi lebih baik dibanding saat mengikuti Kejuaraan Dunia 2017," ujar Wisnu.

Indonesia mengikutsertakan sembilan atlet pada Kejuaaan Dunia Renang 2017. Mereka adalah Indra Gunawan, Aflah Fadlan Prawira, Triady Fauzi Sidiq, I Gede Siman Sudartawa, dan Glenn Victor Susanto.

Sementara, empat atlet putri Indonesia yang turun dalam Kejuaraan Dunia Renang 2017 adalah Ressa Kania Dewi, Anandia Evato, Azzahra Permatahani, dan Raina Ramdhani.

Video: Enam Pemain yang Dinilai Tepat Gantikan Neymar
 


(ACF)