POMNAS XVI

Venue Pomnas di Sulsel Rampung 80 Persen

Andi Aan Pranata    •    13 April 2017 14:59 WIB
olahraga
Venue Pomnas di Sulsel Rampung 80 Persen
Abdul Rasyid. (Foto: Metrotvnews.com/ Andi Aan Pranata)

Metrotvnews.com, Makassar: Panitia Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVI berupaya merampungkan persiapan sarana dan fasilitas, sebelum pelaksanaan pada 14-21 Oktober 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan. Ditargetkan pada Juli mendatang, semua venue cabang olahraga siap digunakan. 

"Secara keseluruhan, kesiapan sudah 80 persen. Dua bulan lagi, tim dari pusat akan datang kembali untuk peninjauan final," kata Ketua Umum Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Sulawesi Selatan Abdul Rasyid, di sela rapat koordinasi nasional kontingen Pomnas di Makassar, Kamis (13/4/2017). 

Rasyid menambahkan, Pomnas XVI di Sulsel akan dipusatkan pada empat perguruan tinggi di Makassar, yakni Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makasssar, Universitas Muhammadiyah, dan STIKES Mega Rezky. Selain itu, sejumlah cabang olahraga juga akan dipertandingkan pada gelanggang olahraga di dalam kota.

Pada pekan ini, kata Rasyid, perwakilan Bapomi pusat telah mengunjungi sejumlah venue cabor. Dia mengklaim sejauh ini tidak ada kendala berarti. "Secara keseluruhan tidak ada masalah. Hanya pada cabang olahraga atletik di GOR Sudiang, yang butuh perbaikan toilet dan trek lintasan. Selebihnya diterima dengan baik," ujarnya.

Baca: Paralayang Torehkan Prestasi Dunia


Pomnas XVI akan mempertandingkan 14 cabang olahraga. Rasyid menyebutkan, cabor terdiri atas sejumlah kategori. Ada dua olahraga wajib, yakni atletik dan renang. Olahraga bela diri terdiri atas pencak silat, karate, kempo, dan tarung derajat. Olahraga permainan dibagi atas bola voli, bola basket, futsal, dan sepak takraw.

Pada kategori raket, panitia membuka cabang tenis lapangan dan bulu tangkis. Lalu ada dua kategori konsentrasi, yakni petanque dan catur. "Kita juga buka dua kelas eksebisi, yakni selam dan gateball," ujar Rasyid.

Baca: PON Bakal Digelar Dua Tahun Sekali


Pada pelaksanaan terakhir di Aceh pada 2015, Pomnas diikuti kontingen dari 33 provinsi se-Indonesia. Pada tahun ini pesertanya ditargetkan dari 34 provinsi.

"Masing-masing provinsi masih mempersiapkan kontingennya, melalui tahapan penjaringan berjenjang. Sebelum Pomnas ada Pekan Olahraga Daerah di setiap daerah," kata Rasyid.

Video: Jadi Korban Tabrak Lari, Atlet Lari Ini Terancam Absen di SEA Games




(ASM)