Penyelenggaraan Kejuaraan Motocross Dunia di Sumsel Batal

Alwi Alim    •    08 September 2017 15:25 WIB
olahraga
Penyelenggaraan Kejuaraan Motocross Dunia di Sumsel Batal
Staf Ahli Khusus Gubernur bidang Ekonomi dan Pembangunan Sumsel, I Gede Bagus Surya Negara. (Foto: MTVN/ Alwi Alim)

Metrotvnews.com, Palembang: Penyelenggaraan Kejuaraan Motocross dunia yang direncanakan dihelat di Sumatera Selatan terpaksa dibatalkan. Lantaran, kondisi Jakabaring Sport City (JSC) tempat pembangunan sirkuit harus disterilkan menyambut Asian games 2018.

Staf Ahli Khusus Gubernur bidang Ekonomi dan Pembangunan Sumsel, I Gede Bagus Surya Negara mengatakan, rencananya Kejuaraan Motocross atau MX GP digelar di Sumsel pada 2018. Namun, harus ditunda karena di saat bersamaan akan diselenggara tes even Asian Games.

"Takutnya akan mengganggu tes even karena adanya pembangunan sirkuit motocross ini. Karena itu, dibatalkan dahulu dan fokus ke Asian Games dulu," kata I Gede Bagus saat ditemui di Pemprov Sumsel, Jumat (8/9/2017). 

Baca: Alonso Melempem, Mantan Bos Angkat Bicara


Ia mengaku, dengan dibatalkannya kejuaraan Motocross ini, maka tuan rumah diambil alih oleh Pangkal Pinang. Meski begitu, pihaknya optimis kejuaraan ini akan dilaksanakan pada 2019 mendatang.

Sebenarnya, tidak ada paksaan dari pihak Olympic Council Asian (OCA) dan Inasgoc untuk tidak menyelenggarakan motocross. Hanya saja keputusan pihaknya dalam fokus ke Asian Games. Pihak Motocross juga tidak merasa dikecewakan terhadap keputusan ini.

Baca: Dinar dan Hanna Melangkah ke Perempat Final


"Sebenarnya semuanya sudah disiapkan tinggal progres pembangunan sirkuit saja. Untuk prediksi investasi saya tidak mengetahuinya," ujarnya.

Sementara itu, Ridwan Tumenggung salah satu inisiator penyelenggaraan Motocross di Sumsel mengatakan ia sudah menemui pihak panitia Motocross untuk memberitahukan persoalan ini.  Pihak Motocross tidak merasa kecewa, pihak panitia memberikan kesempatan pada tahun 2019.

"Insya allah pada tahun 2019, Sumsel jadi tuan rumah kejuaraan Motocross dunia," pungkasnya. 

Video: GM Utut Adianto Dilantik Jadi Ketua Umum Baru Percasi
 


(ASM)