Asian Paragames 2018

Menpora: Stadion GBK akan Ramah untuk Penyandang Disabilitas

Antara    •    08 Agustus 2017 23:47 WIB
asian games 2018
Menpora: Stadion GBK akan Ramah untuk Penyandang Disabilitas
Atlet Difabel Indonesia saat menjalani latihan (Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memastikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) akan ramah untuk penyandang disabilitas. Hal ini tidak lepas dengan digunakannya GBK sebagai venue Asian Paragames 2018.

"Kami sedang menyiapkan Rancangan Instruksi Presiden tentang Asian Paragames termasuk untuk wisma atlet dan sebagainya. Rancangan Inpres itu sudah ada di Sekretariat Negara," kata Menpora Imam Nahrawi di sela-sela kunjungan di Stadion Utama GBK Senayan, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Menpora mengatakan Inpres tentang Asian Paragames 2018 itu akan menjadi payung hukum pengerjaan gelanggang olahraga dan fasilitas lain yang layak bagi penyandang disabilitas.
 

Baca: Venue Asian Paragames 2018 Belum Penuhi Standar


"Kami sudah menerima informasi Stadion Utama GBK akan dapat direnovasi untuk persiapan Asian Paragames. Akses untuk pengunjung dan atlet difabel antara lain akses di stadion, tempat duduk, kamar mandi, dan fasilitas lain oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," ujar Menpora.

Menpora menjelaskan pemenuhan kebutuhan bagi atlet-atlet difabel yang akan mengikuti Asian Paragames berupa perbaikan sarana yang ada di gelanggang-gelanggang Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.
 

Baca juga: Menpora Happy Renovasi SUGBK Lampaui Target


"Bukan membuat baru, tapi perbaikan, seperti toilet, akses, tempat duduk, dan wisma atlet. Kami dan Kementerian PU-Pera akan merevisi Inpres terbaru," katanya.

Kemenpora dan Kemen PU-Pera, lanjut Menpora, juga akan menyiapkan 1.000 kursi penonton bagi penyandang disabilitas dari kapasitas kursi untuk penonton difabel sebanyak 200 kursi.

Sebelumnya Menpora mengatakan progres renovasi Stadion Utama GBK Senayan, Jakarta, telah mencapai 82 persen atau empat persen lebih cepat dari target
penyelesaian pada Agustus 2017.

Video: ?Persiapan SEA Games, Tim Futsal Putra Jalani Seleksi Pemain Terakhir



(ACF)