ABL 2017

CLS Knights Kembali Takluk dari Slingers

Krisna Octavianus    •    14 Desember 2017 11:44 WIB
asean basketball league
CLS Knights Kembali Takluk dari Slingers
Suasana CLS Knights versus Singapore Slingers. (Foto: Ist)

Surabaya: CLS Knights Indonesia belum mampu mengakhiri trend kekalahannya di ajang ASEAN Basketball League (ABL) 2017. Terbaru, mereka dikalahkan Singapore Slingers Rabu 13 Desember malam di GOR Kertajaya.

Tim asuhan Koko Heru Setyo Nugroho tersebut harus mengakui keunggulan lawannya 79-71. Hasil ini merupakan empat kali kekalahan beruntun yang diderita CLS Knights dan dua kali kekalahan atas Slingers.

CLS Knights Indonesia sempat unggul pada dua kuarter awal 40-37. Sandy Febiansyakh Kurniawan dan rekan-rekannya mengawali pertandingan dengan baik dan langsung unggul atas lawannya 10-0. Bahkan, kapten tim CLS Knights Indonesia tersebut berhasil melesatkan satu kali tembakan tiga poin pada kuarter ini. 

Baca: Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia di DWSSF 2017


Sementara rekannya Brian Williams yang berposisi sebagai center, justru piawai dalam melesatkan tembakan jarak jauh. Dua tembakan tiga angka berhasil dihasilkannya sekaligus mengumpulkan torehan angka terbanyak sementara pada kuarter awal dengan 11 angka dan delapan rebound.

Pada dua kuarter selanjutnya justru tim lawan yang memegang kendali permainan. Xavier Alexander pemain asing Slingers menjadi aktor utama kemenangan timnya. Penampilan gemilangnya pada dua kuarter akhir membuat CLS Knights frustrasi untuk membendungnya di area pertahanan mereka. 

Sebenarnya Koko Heru Setyo Nugroho menginstruksikan para pemainnya untuk menjaga ketat Alexander. Sayangnya, pemain bernomor punggung 15 tersebut mampu lepas dari tekanan para pemain CLS dan bermain sangat dominan khususnya di wilayah paint area.

"Sebenarnya energi para pemain hari ini lebih bagus dari game kami sebelumnya. Sayangnya eksekusi kami tidak terlalu bagus. Baik field goal maupun free throw. Selain itu, Alexander pemain asing mereka bermain dengan bagus. Game plan defense kami agak kurang bagus untuk membendungnya. Untuk saat ini kami akan rehat sejenak,  tetapi kami akan menyiapkan kembali pertandingan selanjutnya. ABL memang sangat ketat, tapi saya tetap optimistis kami akan segera bangkit dan para pemain akan bersaing lagi," ujar Koko Heru Setyo Nugroho pada saat jumpa media setelah pertandingan.

Baca: Perenang Indonesia Bisa Bersaing dengan Wakil Korea Selatan


"Untuk Decorey dan Rudy Linggana, saya dapat memaklumi karena ini pertandingan pertama mereka. Hasil ini memang tidak bagus, tapi bukan berati saya dalam keaadan tertekan. Dari awal saya ditunjuk sebagai pelatih tim ini, saya sudah siap dengan segala risiko apapun," sambungnya.

"CLS tim yang bagus. Mereka membuat kami kewalahan pada babak pertama. Tapi kunci kemenangan kami hari ini adalah bermain defense dengan baik dan kita fight di dua kuarter akhir," kata Neo Beng Siang, pelatih kepala Singapore Slingers.

Sementara bintang kemenangan Slingers, Xavier Alexander mengaku puas dengan hasil ini. Meski timnya menang, ia juga kagum dengan permainan CLS Knights dan juga animo penonton yang menyaksikan langsung.

"Mereka sebenarnya bermain baik pada kuarter pertama. Tapi kami mengubah permainan di dua kuarter akhir dengan bermain defense yang baik sesuai dengan arahan pelatih. Saya suka bermain di GOR ini, animo penontonnya bagus dan membuat saya bermain dengan penuh semangat," ungkap Alexander yang berhasil mengemas 39 poin pada game kemarin.

Dari kubu tuan rumah, Brian Williams menjadi top performer dengan raihan double-double yang dibuatnya (20 poin dan 19 rebound).

CLS Knights Indonesia akan kembali menjamu Singapore Slingers pada pertemuan ketiga mereka 14 Januari 2018. Akan tetapi, sebelumnya Sandy Febiansyakh cs akan menghadapi Chongson Kungfu Tiongkok pada 7 Januari 2018.

Video: Menpora Terima Permintaan Maaf Sekjen PSSI


(ASM)