Asian Para Games Disebut Kegiatan Kemanusiaan

Fiona Yosefina    •    28 Desember 2017 17:45 WIB
asian para games
Asian Para Games Disebut Kegiatan Kemanusiaan
Ketua Umum Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari. (Foto: Antara/Wahyu Putro)

Jakarta: Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam ajang Asian Para Games 2018. Segala persiapan dilakukan untuk menyambut event berskala internasional yang akan digelar di Jakarta itu.

Ketua Umum Indonesian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari mengatakan Asian Para Games ini bukan semata-mata perlombaan, tapi sebagai bentuk kemanusiaan.

"Kegiatan ini menjadi gerbang pembuka terhadap saudara dari kaum disabilitas," ujar Raja Sapta di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 28 Desember 2017.

Asian Para Games akan diikuti atlet penyandang disabilitas dari berbagai negara. Diperkirakan ada 3 ribu atlet dan 1.000 ofisial dari 43 negara anggota Asian Paralympic Committee. Multi-event tingkat Asia ini akan berlangsung di lima wilayah di Jakarta yang berpusat di komplek Gelora Bung Karno, Senayan, pada 6-13 Oktober 2018.

Baca: Asian Para Games 2018 akan Diikuti 3.000 Atlet

Berbagai edukasi dan sosialisasi dilakukan untuk menghadapi event tersebut. Raja Sapta berharap Asian Para Games 2018 ini dapat memperkenalkan tekad kuat dan kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi segala tantangan, baik fisik maupun mental. 

Ia juga ingin kegiatan ini bisa mempromosikan kesetaraan dalam kehidupan bermasyarakat serta menjadikan para atlet penyadang disabilitas sebagai sumber inspirasi dan motivasi.


 


(AZF)