Kejuaraan Reli Dunia

Indonesia Berpeluang Besar Gelar Kejuaraan Reli Dunia

A. Firdaus    •    05 Oktober 2017 08:44 WIB
reli swedia
Indonesia Berpeluang Besar Gelar Kejuaraan Reli Dunia
Logo WRC (Foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejuaraan Reli Dunia berpeluang besar digelar di Indonesia. Kabar itu dilontarkan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa.

Di sela rapat Koordinasi Olahraga dan Wisata IMI 2017 Rabu 4 Oktober, Sadikin membeberkan pertemuannya dengan promotor Kejuaraan Reli Dunia (WRC) guna meyakinkan kesiapan Indonesia menggelar balapan reli internasional tersebut.

"Kami beberapa waktu lalu sudah bertemu dengan promotor WRC. Mereka berpikir secara komersial dan bisa saja Indonesia langsung menggelar WRC," kata Sadikin seperti dilansir Antara.

Klik di sini: Rencana Wewey Wita jika Pensiun sebagai Atlet

Penilaian Indonesia layak menggelar WRC diilihat dari tidak adanya negara di Asia yang masuk kalender kejuaraan di bawah naungan Federasi Automobil Internasional (FIA).

Selain itu, persyaratan menjadi tuan rumah juga tidak seperti dulu lagi, di mana harus mendapat pantauan dari kejuaraan nasional hingga Asia Pasifik. Kali ini persyaratannya lebih mudah sehingga membuat peluang Indonesia cukup besar.

Klik di sini: Girboks Masih Berfungsi, Vettel Terhindar dari Penalti di GP Jepang

"Promotor bakal bertanya ke tim pabrikan yang ikut di WRC. Apakah mereka ingin balapan di Indonesia. Bicara peluang, kansnya cukup besar untuk kita menggelar balapan reli dunia ini," terangnya.

Indonesia sebenarnya pernah menggelar WRC pada 1996-1997. Ketika itu WRC menilai Indonesia layak menggelarnya karena aktif mengadakan kejuaraan nasional dan Asia Pasifik.

Indonesia Peringkat Tiga Kejuaraan Dunia Wushu 2017
 
(FIR)