Jelang Asian Games 2018

Tujuan Siman Jalani TC di Australia dan Amerika Serikat

A. Firdaus    •    29 Januari 2018 15:59 WIB
asian games 2018
Tujuan Siman Jalani TC di Australia dan Amerika Serikat
I Gede Siman Sudartawa (Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Jakarta: Salah satu perenang andalan Indonesia I Gede Siman Sudartawa terus mempersiapkan diri jelang Asian Games 2018. Salah satunya dengan menjalani Training Centre (TC) atau pemusatan latihan di luar negeri.

Tak tanggung-tanggung, Siman bakal TC ke Australia dan Amerika Serikat (AS). Bagi perenang berusia 23 tahun ini, ada tujuan mengapa dirinya menjalani TC dua negara besar tersebut.

"Jadi, dua bulan di Australia. Rencananya kami berangkat pada 10 Februari ke Gold Coast. Itu juga merupakan tempat kami latihan dalam mempersiapkan Olimpiade Rio 2016," ujar Siman saat diwawancarai tim Medcom.id beberapa waktu lalu.

Klik di sini: Finalis Australian Open 2018 Alami Dehidrasi Parah

"Khusus di Australia, kami latihan untuk membangun daya tahan. Sementara di Amerika kami fokus untuk finishing, karena pelatih di sana khusus sprinter sedangkan Australia khusus melatih dasar dan daya tahan," terangnya.

Pengoleksi delapan medali emas SEA Games itu juga membeberkan alasan mengapa harus berlatih di dua tempat berbeda, dan jaraknya cukup berjauhan.

Klik di sini: Hasil Lengkap Pertandingan NBA Hari Ini

"Karena kan kami nomor-nomornya beda. Seperti saya di nomor 50 meter gaya punggung, mungkin targetnya. Triadi juga di gaya bebas 50 meter, jadi finishing-nya di Amerika, kami sekalian ikut pertandingan di sana," sambung perenang kelahiran Klungkung ini.

"Selain itu, kami kan harus dijaga makanannya, nutrisinya. Kalau kami latihan di Indonesia kami susah menjaganya. Kalau di Amerika kan enggak mungkin kami habis renang terus ada gorengan. Di Amerika kami akan TC selama tiga bulan," tegasnya.

Tim Pelatnas Renang memang menjadi andalan Indonesia untuk mendulang emas di Asian Games 2018. Siman menjadi salah satu andalan dan akan turun di dua nomor, 50 meter dan 100 meter gaya punggung.

Ini Fungsi Kantor Sekretariat Chef de Mission Asian Games 2018



(RIZ)