Road to Asian Games 2018

PP FHI Gelar Kejurnas Hoki untuk Seleksi Asian Games 2018

Gregah Nurikhsani Estuning    •    09 Desember 2017 16:49 WIB
PP FHI Gelar Kejurnas Hoki untuk Seleksi Asian Games 2018
Presiden Joko Widodo saat memukul bola hoki disela-sela peresmian empat venue Asian Games di Kompleks Gelora Bung Karno. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/)

Jakarta: Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Hoki di Lapangan ABC Senayan. Kejurnas ketiga ini dimulai tanggal 9-19 Desember 2017 dan digelar sebagai ajang seleksi atlet Asian Games 2018.

Sebanyak 750 atlet ikut ambil bagian yang mewakili 11 provinsi di Indonesia. Nantinya, jumlah tersebut bakal dikerucutkan hingga terbentuk kerangkan pemain.

"Ini jadi ajang seleksi buat pemain Asian Games. Akan disaring menjadi 36 untuk nantinya tim inti ada 16 pemain masing-masing tim," kata Sekretaris Jenderal PP FHI, Yasser Arafat kepada awak media.

Baca: Tak Ada Tekanan bagi Lee Chong Wei di Final Super Series 2017

Para atlet yang akan bertanding itu, terbagi dalam kategori putra dan putri. Putra ada 11 tim, masing-masing, Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Banten, Papua, dan Papua Barat. Sementara untuk kategori putri hanya diikuti sembilan tim tanpa provinsi Papua Barat dan Banten.

Sementara untuk kategori putri, tak ada perwakilan dari provinsi Banten dan Papua Barat, sehingga total tim hanya ada sembilan saja.

Yasser mengatakan jika calon atlet hoki di Asian Games 2018 itu akan diseleksi oleh Lim Chio Cuan, pelatih asal Malaysia. Di perhelatan SEA Games 2017 lalu, tim hoki Malaysia sukses mengantongi dua medali perak.

"Dari 17 tim, tim putra berada di posisi delapan. Sedangkan tim putri di posisi sembilan dari sembilan tim. Malaysia memang tim terkuat di Asia Tenggara," kata Ketua Pelaksana Kejurnas Hoki 2017, Ardi Poeloengan.