Inasgoc Diminta Evaluasi Pelaksanaan Test Event Asian Games

Whisnu Mardiansyah    •    05 Februari 2018 05:13 WIB
asian gamesasian games 2018
Inasgoc Diminta Evaluasi Pelaksanaan Test Event Asian Games
Menko PMK Puan Maharani. Medcom.id/Nur Azizah

Jakarta: Indonesia Asian Games Official Committee (Inasgoc) terus mengebut pekerjaan beberapa perjalanan fasiltas sarana dan prasarana. Dalam waktu dekat Inasgoc akan menyelenggarakan test event delapan cabang olahraga.

Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan ajang test event ini harus dijadikan semi-event sebelum memasuki acara yang sesungguhnya. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kesiapan kampung atlet di Kemayoran.

Pada ajang test event yang diselenggarakan 6-15 Februari mendatang, sebanyak 1.200 atlet dari 18 negara akan ikut serta dalam delapan cabang olahraga. Mereka akan ditempatkan di kampung atlet Kemayoran.

"Kalau saya lihat sepintas semuanya sudah sesuai. Bahkan bagaimana flow makan mereka ke dinning mereka harus masuk registrasi," kata Puan saat meninjau kampung atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu 3 Februari 2018.

Puan meminta segala kekurangan dan kendala yang ditemukan saat pelaksanaan test event nanti harus menjadi bahan evaluasi Inasgoc sebelum menghadapi gelaran Asian Games 18 Agustus nanti. 

"Test event ini memang dilakukan untuk itu. Supaya kita punya kesiapan untuk evaluasi apa saja yang menjelang waktu event sebenarnya," ucap dia.

Terutama terkait akomodasi para atlet dari mulai transportasi ke area pertandingan, fasilitas makan dan tempat tinggal. Jumlah atlet yang akan menempati wisma atlet mencapai belasan ribu orang.

"Nanti saat event hampir 15 ribu orang akan hadir di wisma atlet ini. Dan kita tentu saja memberikan pelayanan sesuai dengan standar internasional," tandas Puan.



(SCI)