Jelang Asian Games 2018

Wapres Minta Kontingen Indonesia Fokus Raih 16 Medali Emas

Alfa Mandalika    •    26 Juni 2018 18:03 WIB
asian games 2018
Wapres Minta Kontingen Indonesia Fokus Raih 16 Medali Emas
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Dok. Kemenpora)

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla selaku Dewan Pengarah Asian Games 2018 meminta kontingen Indonesia berpadu dan fokus mencapai peringkat 10 besar Asia dengan total 16 medali emas dalam Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018.

"Wakil Presiden meminta prestasi Indonesia harus bagus dibanding Asian Games 2014 karena seluruh arena pertandingan sudah dibuat dengan bagus," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto dalam keterangan tertulis kepada media, Selasa 26 Juni 2018. 

Wakil Presiden, lanjut Gatot, menggelar pertemuan dengan seluruh pimpinan pengurus cabang olahraga menjelang kesiapan Indonesia mengikuti Asian Games
ke-18 di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Selasa. Dalam pertemuan itu, Indonesia sebagai tuan rumah memastikan persiapan penyelenggaraan selain pretasi jelang pembukaan Asian Games yang kurang dari 53 hari.

"Wapres merencanakan pertemuan sekali lagi sebelum pembukaan Asian Games. Pertemuan itu akan bersama Presiden di Istana Negara," ujar Gatot.

Kementerian Pemuda dan Olahraga akan memastikan kesiapan para atlet Merah-Putih dalam pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu menyusul keikutsertaan mereka dalam sejumlah kejuaraan uji coba selain pelatihan di luar negeri.

Baca: Pelayanan Khusus TransJakarta, Fasih Berbahasa Inggris demi Asian Games 


"Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) akan terus memfasilitasi keperluan para atlet dan ofisial. Kemenpora juga menyiapkan bonus Rp1,5 miliar untuk peraih medali emas, Rp400 juta untuk peraih medali perak dan Rp200 juta untuk peraih medali perunggu," ujar Gatot.

Selain bonus uang tunai itu, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga akan menyiapkan bonus rumah bagi atlet peraih medali emas Asian Games. Pertemuan itu juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Pol. Syafruddin serta seluruh pemangku kepentingan Asian Games.

Komandan Kontingen (Chef de Mission/CdM) Indonesia Syafruddin, dalam pertemuan itu, melaporkan 60 persen dari total atlet-atlet Indonesia sudah berada di Tanah Air. Sedangkan 40 persen sisanya masih mengikuti kejuaraan-kejuaraan uji coba di luar negeri.

"CdM akan mengumpulkan para atlet Indonesia yang turun dalam Asian Games di Batujajar, Bandung, Jawa Barat, pada pertengahan Juli untuk mengikuti pemantapan juang," ujar Gatot.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Salam dari Rusia, Jalan-jalan di Krasnaya Ploshad


(ASM)