Srikandi Cup 2017--2018

Kalahkan Merpati Bali, Surabaya Fever Juara Srikandi Cup Musim 2017--2018

Krisna Octavianus    •    21 April 2018 23:22 WIB
bola basket
Kalahkan Merpati Bali, Surabaya Fever Juara Srikandi Cup Musim 2017--2018
Surabaya Fever Juara Srikandi Cup Musim 2017--2018 (Foto: Dok Srikandi Cup)

Cirebon: Sejarah akhirnya berhasil diciptakan Surabaya Fever, setelah mereka mengukuhkan diri sebagai juara Srikandi Cup 2017--2018. Pada partai final mereka mengalahkan Merpati Bali di GOR GMC Cirebon, Sabtu 21 April. Fever menang dengan skor 61-47.

Namun, tak seperti pada final tiga seri sebelumnya, kali ini Fever mendapat perlawanan yang ketat dari Merpati. Bahkan klub asuhan Wellyanto Pribadi tersebut sempat ketinggalan 25-29 dari Merpati saat half time. Padahal sebelumnya Gabriel Sophia dan rekan-rekan secara meyakinkan lebih dulu unggul pada kuarter pertama dan kuarter kedua awal.

"Kami sempat lengah. Banyak tembakan yang tidak masuk dan para pemain juga kalah dalam offensive rebound," ujar pelatih Fever,  Wellyanto Pribadi.

Klik di sini: Pelita Jaya Bungkam Satria Muda di Game Kedua Final IBL

"Persentasi tembakan kami juga sangat minim. Cukup mengejutkan juga kami bisa juara dengab kondisi seperti itu," sambungnya.

Momentum yang sudah dibangun Merpati Bali kembali hilang saat kuarter ketiga bergulir. Bamyaknya turnover menjadi biang masalah Merpati.

"Kami melakukan 26 turnover, itu yang menjadi masalah. Seperti yang sudah terjadi di tiga seri final sebelumnya, kami selalu kehilangan momentum di kuarter ketiga," ujar pelatih Merpati Bali, Bambang Asdianto Pribadi.

Klik di sini: Dedeh Erawati, Kartini di Cabang Atletik

Nathasa Debby Christaline menjadi penyumbang poin terbanyak untuk Surabaya Fever dengan raihan 15 poin. Adapun di kubu Merpati Bali, Yusranie Noory Assipalma tampil cemerlang mencetak double-double dengan 10 poin dan 10 rebound.

Sementara itu, dalam keterangan resminya, Deddy Setiawan selaku ketua kordinator Srikandi Cup, tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya Srikandi Cup musim ini. Dia juga berharap kompetisi basket putri kasta tertinggi di Indonesia ini bisa terus konsisten digelar musim depan dengan sejumlah perbaikan.

"Mewakili delapan tim Srikandi Cup kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu terlaksananya, dalam hal ini sponsor dan tidak lupa kepada seluruh rekan-rekan media yang sangat berjasa membantu secara pemberitaan, hingga kami sekarang sudah tidak seperti anak tiri lagi," ujar Deddy.

"Masyarakat khususnya fans basket Indonesia sekarang sudah semakin akrab dan mengikuti kompetisi basket srikandi cup dari media. Musim depan proyeksi kota penyelenggara sejauh ini antara lain Jakarta, Semarang, Pontianak, Makassar,  beberapa daerah juga menawarkan diri tapi kami akan segera konfirmasikan lebih lanjut lagi," sambung Deddy Setiawan yang juga owner dari klub Merpati Bali.

Penghargaan Individu Srikandi Cup
Top Block: Sitha Marino (Sahabat Semarang)

Steal: Denice Adriana Gunarto (GMC Cirebon)

Rebound: Ummil Asmi (Flying Wheel Makassar)

Assist: Tiara Aulia Denaya (Tanago Friesian Jakarta)

Top Skor: Fanny Kalumata (Tenaga Baru Pontianak)

Rookie of the Year: Lea Kahol (Surabaya Fever)

Coach of the Year: Xaverius Wiwid (Sahabat Semarang)

MVP Final: Sumiati Sutrisno (Surabaya Fever)

MVP Regular: Tiara Aulia Denaya (Tanago Friesian Jakarta)

Rossi Lupakan Insiden Argentina



(FIR)