Olimpiade Catur Dunia

Indonesia Raih Medali pada Olimpiade Catur Dunia di Azerbaijan

A. Firdaus    •    15 September 2016 08:05 WIB
catur
Indonesia Raih Medali pada Olimpiade Catur Dunia di Azerbaijan
Tim Catur Indonesia saat disambut Dubes RI untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie.

Metrotvnews.com, Baku: Tim catur Indonesia meraih medali pada perhelatan Olimpiade Catur Dunia ke-42 yang berlangsung di Baku, Azerbaijan, 13 September. Medali tersebut didapat dalam kategori special rating.

Pada kategori ini Indonesia bersaing dengan negara-negara seperti India, Iran, Sudan, Taipei, Rusia, Belarus, Malaysia, dan tuan rumah. Pertandingan tersebut digelar di National Gymnastic Arena.

Sementara itu secara keseluruhan tim catur putra Indonesia menempati posisi ke 52 tahun ini, atau naik 15 peringkat dari olimpiade tahun lalu. Tim putra Indonesia diwakili oleh Adianto Utut, Ali Muhammad Lutfi, Taher Yoseph Theolifus, Sadikin The Irwanto, dan Pasaribu Ivan Maxmillian Putra.

Sedangkan tim catur putri Indonesia menempati posisi ke 63, mengalami kenaikan pesat dari posisi 112 yang diraih pada olimpiade yang sama tahun lalu. Tim catur putri Indonesia diwakili oleh Sihite Chelsea Monica Ignesias, Faruq Afifa Ayyun, Putri Regita Desyari, Pasaribu Julisa, dan Walukow Theodora Paulina.

“Kami sengaja pilih yang muda-muda, kami memang tidak bisa mengirimkan tim terbaik untuk kejuaraan ini karena jadwal yang hampir bersamaan dengan PON, tapi jangan melupakan aspek pembinaan,” jelas. kapten timnas catur putra, Kristianus Liem seperti rilis yang diterima Metrotvnews.com.

Tujuan melibatkan para pecatur muda agar membentuk mentalitas mereka bertanding dalam ranah internasional. Para pecatur muda juga jadi bisa melihat teknik bermain dari para pecatur top dunia.

“Justru dengan begini kita akan menciptakan banyak grand master, saya senang sekali melihat para pecatur muda Indonesia bisa tampil dengan baik menghadapi para grand master dunia,” kata Dubes RI untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie.

“Kami rutin melakukan kunjungan saat pertandingan catur berlangsung, mengadakan jamuan untuk para pecatur Indonesia di Wisma Duta juga memfasilitasi mereka untuk tur kota Baku. Semua ini untuk terus membakar semangat para pecatur dalam berjuang untuk merah putih.” jelas Husnan Bey Fananie.

Sementara itu tim catur Amerika Serikat (AS) berhasil memperoleh medali emas untuk kategori kelompok terbuka. Ini merupakan prestasi yang pertama yang diraih AS sejak 1976. Sedangkan dalam kelompok putri, Tiongkok berhasil merebut medali emas setelah mengalahkan tim putri Rusia.

Olimpiade Catur di Baku kali ini juga memecahkan rekor peserta terbanyak yang diikuti oleh 181 tim di kelompok Open dan 142 di kelompok putri.

Video Stadion Wibawa Mukti Telah Siap 85% Jelang PON XIX
 


(FIR)

Tim Balap Sepeda DIY Sumbang Emas PON 2016

Tim Balap Sepeda DIY Sumbang Emas PON 2016

5 minutes Ago

Metrotvnews.com, Cimahi: Tim Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil meraih medali emas balap seped…

BERITA LAINNYA