Perolehan medali PON 2016

Raih 200 Medali Emas, Jabar Kunci Juara Umum PON 2016

Roni Kurniawan    •    28 September 2016 12:04 WIB
pon 2016
Raih 200 Medali Emas, Jabar Kunci Juara Umum PON 2016
Foto: Antara

Metrotvnews.com, Bandung: Tuan rumah Jawa Barat dipastikan menjadi juara umum di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Perolehan 200 medali emas yang kini diraih Jabar sudah tidak mungkin lagi terkejar oleh dua pesaing utama yakni Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Hal itu dipastikan oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat Ahmad Saefudin. Meskipun saat ini masih ada beberapa cabang olahraga yang memperebutkan medali emas, namun perolehan medali Jabar tidak mungkin diborong oleh dua persaing terdekat yakni Jatim dan DKI Jakarta.

"Sejak awal kita targetkan 25% medali, berarti itu diangka 189 medali emas. Karena perhari ini, perdetik ini kita sudah 200 medali emas maka kita sudah real (juara umum) dan berarti ini sudah pada posisi 26%," ujar Ahmad di Sekretariat KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Rabu (28/9/2016) pagi.


BACA: Atlet Naturalisasi di Cabang Gulat ini Jadi Rebutan Selfie


Pasalnya, dua pesaing terdekat yakni Jatim saat ini mengemas 124 medali emas. Sementara DKI Jakarta hingga kini telah mengumpulkan 122 medali emas.

Hasil tersebut diakui Ahmad merupakan sebuah lonjakan yang cukup luar biasa bagi para atlet andalannya. Karena target tersebut telah tercapai sebelum pelaksanaan PON 2016 berakhir.

"Secara logika memang kami sudah juara. Tapi tetap kami mencita-citakan itu berada di 203 medali emas. Itu sesuai dengan keterukuran kami dalam berhitung. Mudah-mudahan selain juara, target kita tercapai juga," tuturnya.

Ahmad pun memberikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang selama ini ikut terlibat dalam menyukseskan Jabar Kahiji di PON XIX/2016, dari mulai orang tua atlet, rektor, kepala sekolah, pemerintah Provinsi Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terutama seluruh pelatih yang menangani atlet Jawa Barat.
 

BACA JUGA: Rebut Emas Terakhir, Jabar Juara Umum Cabor Renang Perairan Terbuka


"Saya pribadi sangat bangga kepada seluruh pihak yang kami rasa-rasanya mampu dan mempertanggungjawabkan untuk meraih hasil yang terbaik," urainya.

Ahmad mengatakan, untuk PON berikutnya timnya  telah menyiapkan berbagai strategi terhadap para atlet andalan agar bisa mempertahankan juara umum. Terlebih pada PON 2020 mendatang, Jabar harus terbang jauh ke Papua yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Dan kami akan berupaya untuk mempertahankan juara umum di PON berikutnya," pungkasnya.

Hingga hari ini, Jabar telah mengoleksi 200 medali emas, 142 perak dan 138 perunggu dengan total perolehan 480 medali.

Sedangkan untuk perebutan runner up masih saling kejar antara Jatim dan DKI. Jatim sendiri kini tengaj mengoleksi 124 emas, 125 perak dan 120 perunggu dengan total 369 medali. Sementara itu diposisi ketiga, DKI Jakarta memperoleh 122 emas, 117 perak dan 111 perunggu dengan total 350 medali.

Video: Kalahkan Sumsel, Tim Sepak Bola Papua Raih Perunggu
 


(ACF)