Paralympic 2016

Ratusan Atlet Paralympic Jawa Tengah Diarak Keliling Solo

Pythag Kurniati    •    01 November 2016 16:37 WIB
olahraga
Ratusan Atlet Paralympic Jawa Tengah Diarak Keliling Solo
Suasana pawai atlet paralympic di Solo. (Foto: Mtvn/ Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Ratusan atlet paralympic nasional asal Jawa Tengah diarak mengelilingi Kota Solo pada Selasa 1 November 2016. Pawai ini digelar menyusul keberhasilan kontingen paralympic Jawa Tengah meraih juara II dalam ajang Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) di Bandung, 15 -24 Oktober lalu.

156 atlet paralympic tersebut dibawa dengan mobil jeep terbuka berhiaskan bendera Merah Putih. Mereka menempuh jarak sekitar 12 kilometer dengan rute Stadion Manahan Solo menyusuri Slamet Riyadi – Gladak – Pasar Gede – Panggung dan berakhir di Markas Korem 074/Warastratama. Para atlet pun tampak antusias melambaikan tangan pada masyarakat kota bengawan.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Nasional Paralympic Committee (NPC) Jawa Tengah Bangun Sugito mengungkapkan ini merupakan kali pertama para atlet paralympic Jawa Tengah mendapatkan apresiasi melalui pawai berkeliling kota.

“Kami sangat terharu sekali,” ujar Bangun saat ditemui usai pawai di Markas Korem 074/ Warastratama Solo, Selasa (01/11/2016).

Jawa Tengah, lanjutnya, meraih total 195 medali dengan rincian 68 medali emas, 72 medali perak dan 55 medali perunggu. “Sumbangan terbanyak dari cabor atletik serta renang,” imbuh Bangun.


Baca: Jokowi Ingin Indonesia Masuk Lima Besar pada Asian Games 2018


Ia menerangkan atlet paralympic Jawa Tengah yang diterjunkan dalam Peparnas Bandung, 40 persen merupakan atlet-atlet baru. Sebab, Bangun menambahkan, berkomitmen melakukan regenerasi.

“Target ke depan adalah Perparnas Papua. Kami minta restu bisa menjadi juara pertama di Papua, 2020 mendatang,” kata dia.


Atlet Paralympic Jawa Tengah. (Foto: Mtvn/ Pythag Kurniati)
 
Komandan Korem 074/Warastratama Solo, Kolonel Inf Maruli Simanjuntak yang menyambut ratusan atlet di Makorem mengungkapkan, pawai ini dihelat sebagai ungkapan syukur dan selamat dari masyarakat terhadap para atlet yang berjuang mewakili Jawa Tengah. “Kami harap teman-teman ini kedepan lebih bersemangat dan bisa meraih prestasi lebih baik,” tutupnya.

Video: Golden State Warriors Kalahkan Phoenix Suns
 


(ASM)