Kejurnas Anggar

Ciptakan Regenerasi Atlet Anggar, IKASI Gelar Kejurnas Usia Dini

A. Firdaus    •    28 November 2016 08:23 WIB
anggar
Ciptakan Regenerasi Atlet Anggar, IKASI Gelar Kejurnas Usia Dini
Kejurnas usia dini yang digelar IKASI (Dok. IKASI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) punya rencana jangka panjang dalam rangka mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Salah satu upaya mereka adalah dengan rutin mencetak bibit-bibit baru.

Diharapkan program tersebut bisa menyediakan regenarasi atlet-atlet anggar senior, yang selama ini telah berkiprah di berbagai kejuaraan internasional seperti Sea Games, ASEAN Games, dan Olimpiade.

Klik juga: Ungkapan Hati Rosberg Usai Jadi Juara Dunia F1 2016

“Kami sedang mengadakan program jangka panjang untuk usia dini, dan dalam program tersebut ada beberapa fase, salah satunya adalah kejuaraan nasional ini,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IKASI, Agus Suparmanto.
 
Salah satu wadah untuk mencetak regenerasi tersebut dan sudah berjalan adalah Kejuaraan Nasional Anggar Kadet Pemula dan Kadet Tahun 2016, di Jakarta akhir pekan lalu. Kejuaraan tersebut diikuti oleh 296 peserta yang berasal dari 19 Provinsi dan dibagi menjadi dua kategori, yakni Kadet Pemula dan Kadet.   “Jadi dibedakan dua kategori, yang pertama kategori Kadet Pemula itu untuk usia 12-15 tahun, kalau untuk Kadet usia 15-17 tahun, setelah kategori Kadet, para atlet ini akan masuk ke tingkat Junior dan tingkat Senior. Jadi tingkat pemula ini merupakan sarana awal, di mana target kejuaraan ini adalah menjadi penentu untuk masa depan untuk regenarasi berikutnya,” jelas Agus.

Klik juga: Fakta Menarik Usai Rosberg Pastikan Gelar Juara Dunia F1 2016

Pada Kejuaraan Nasional ini, sistem pertandingan yang dipergunakan adalah menggunakan babak penyisihan dari masing-masing senjata, yakni Folret, Sabel, dan Dagen. Setelah itu baru diadakan setengah kompetisi untuk nomor pertandingan.

Video Rosberg Jadi Pembalap Asal Jerman Ketiga yang Raih Juara Dunia
 


(FIR)