Jelang Asian Games 2018

Jusuf Kalla: Asian Games 2018 Perlu Penghematan dan tidak Jor-joran

Rendy Renuki H    •    15 Maret 2017 15:45 WIB
asian games 2018
Jusuf Kalla: Asian Games 2018 Perlu Penghematan dan tidak <i>Jor-joran</i>
Wapres Jusuf Kalla (tengah) bersama Menpora Imam Nahrawi (Kanan) dan Menko PMK Puan Maharani (Kiri). (Foto: Mtvn/ Rendy Renuki)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan perlu adanya penghematan anggaran pelaksanaan Asian Games 2018. Hal itu diungkapkan Kalla usai memimpin rapat persiapan Asian Games 2018 di Lantai III Kemenpora, Rabu 15 Maret.

Ia mengatakan, penyelenggaraan Asian Games 2018 menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia setelah terakhir dihelat 56 tahun lalu. Namun, Kalla yang menjabat Ketua Tim Pengarah Kepanitiaan Asian Games 2018 ingin menerapkan penghematan anggaran. 

"Penyelenggaraan Asian Games perlu penghematan dan harus lebih sederhana, serta tidak jor-joran dan berhura-hura agar banyak negara yang sanggup menjadi penyelenggara, demikian pula untuk olimpiade," ujar Jusuf Kalla saat menggelar jumpa pers di lobi Kemenpora, Rabu (15/3/2017).
 
Soal anggaran negara, masyarakat harus paham bahwa sebenarnya dana penyelenggaraan Asian Games sudah mencapai Rp30 triliun. Dari total tersebut, Wapres juga menyampaikan sejauh ini telah dikeluarkan sebesar Rp25 triliun.

Baca: Wapres dan Menpora Gelar Rapat Tertutup Bahas Asian Games 2018


Nominal itu dikatakannya untuk pembayaran infrastruktur dan prasarana yang keseluruhannya tidak hanya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Prasarana dan infrastruktur yang sedang digarap diantaranya di Jakarta, Palembang, Bandung, dan Banten, sebagai sarana pendukung yang setelahnya dapat terus dipakai. 
 
"Biaya itu kan tidak hanya dari APBN, ada sponsor, promosi, karcis-karcis masuk yang dapat menopang, intinya efesiensi dilakukan namun standard OCA tetap menjadi acuan. Efesiensi tetap tidak mengurangi kemeriahan serta target menembus urutan 8-10 Asia tetap tercapai," sambungnya.

Baca: Pasca Sakit Jantung, Kondisi Ellyas Piccal Membaik


Rapat tertutup siang tadi turut dihadiri pula Menpora Imam Nahrawi, Menko PMK Puan Maharani, Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto, Tim Ahli Wapres, Deputi-deputi Kemenko PMK, Stafsus Kemenko PMK, Deputi-deputi Kemenpora, Staf Ahli dan Khusus Menpora. 

Selain itu, turut hadir juga Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan jasa Pemerintah Agus Prabowo, Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Ardan Adiperdana, Waketum KOI Muddai Madang, Sekjen KONI EF Hamidi, Ketua Satlak PRIMA Achmad Soetjipto, Direktur-direktur Eksekutif Cabor Satlak PRIMA, dan Plt. Sekjen INASGOC Harry Warganegara.

Video: PBSI Siapkan Bonus untuk Kevin/Marcus dan Pelatih



(ASM)