Tutup Kirab Pemuda 2018, Menpora Titipkan Pesan

Rendy Renuki H    •    15 November 2018 19:12 WIB
berita kemenpora
Tutup Kirab Pemuda 2018, Menpora Titipkan Pesan
Menpora Imam Nahrawi (kanan) saat menutup kegiatan Pemuda Inspiratif 2018 di GOR Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (15/11) (Dok. Kemenpora)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi resmi menutup kegiatan Kirab Pemuda 2018 di GOR Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis 15 November. Ia pun menitipkan pesan kepada 90 peserta kirab yang telah mengikuti rangkaian kegiatan sejak 5 September lalu.

Cak Imam berharap kegiatan tersebut dapat membawa manfaat bagi pemuda-pemudi untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apalagi, ke-90 peserta kirab telah berkeliling nusantara yang dibagi ke dalam dua zona (zona 1 start dari Sabang, zona 2 dari Merauke).

"Setelah 73 hari keliling Indonesia, pasti ada banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang didapat. Tentunya acara puncak Kirab Pemuda ini akan sangat menggembirakan," ucap Menpora dalam sambutannya.

Ia mengatakan tanggung jawab pemuda-pemudi Indonesia ini cukup besar di masa mendatang. Yakni menjaga keutuhan NKRI dengan keanekaragaman budaya, sumber daya alam, dan periwisata yang dimiliki wilayah masing-masing.

"Bentangan pulau- pulau dari Sabang sampai Merauke adalah anugerah Allah yang harus kita jaga. Untuk itu, sebarkan virus Bhineka Tunggal Ika," pungkasnya.

Kirab Pemuda 2018 diikuti 34 pasang putra-putri terbaik di seluruh provinsi Indonesia. Mereka melakukan perjalanan selama 73 hari ke pelosok nusantara selama lima hari di tiap titik singgah yang telah ditentukan.

Larut saat penutupan Kirab Pemuda 2018

Saat acara penutupan berlangsung, Menpora tampak larut dalam suasana di GOR Rawamangun, Jakarta Timur. Saking larutnya, Menpora tampak berkaca-kaca saat ikut bernyanyi dengan Delon dan Ghea Idol.

Meski diguyur rintik hujan, Cak Imam tetap bernyanyi di tengah lapangan menyenandungkan lagu Karena Cinta karya Joy Tobing. Suasana emosional kian terlihat di wajah Menpora saat mengajak Bulan Karunia bernyanyi bersama.

Gadis disabilitas yang tampil di opening ceremony Asian Games 2018 itu menjadi tamu spesial pada penutupan Kirab Pemuda 2018.

"Ini lagu sangat indah, semua karena cinta, karena cinta NKRI. Setuju teman-teman?," tanya Menteri asal Bangkalan, Madura itu kepada peserta Kirab Pemuda yang mengamini pertanyaan tersebut.

Kegiatan Kirab Pemuda 2018 merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan Kemenpora. Peserta Kirab Pemuda 2018 meningkat dari tahun lalu, di mana kali ini diikuti 90 peserta dari 34 provinsi di Indonesia.





(REN)