Asian Para Games 2018

Rebut Medali Emas, Rica Oktavia Pecahkan Rekor Asia

A. Firdaus    •    08 Oktober 2018 15:31 WIB
Asian Para Games
Rebut Medali Emas, Rica Oktavia Pecahkan Rekor Asia
Rica Oktavia (Foto: INAPGOC/Jessica Margaretha)

Jakarta: Medali emas yang diraih Rica Oktavia pada cabang olahraga para atletik terasa spesial. Pasalnya lompatannya sejauh 5.25 meter di Asian Para Games 2018 memecahkan rekor Asia yang tercipta pada 2016.

Sebelumnya, rekor Asia lompat jauh kategori T20 putri dipegang oleh atlet disabilitas Malaysia, Siti Noor Radiah Ismail, dengan jarak lompatan 5.20 meter. Ia meraihnya pada Paralimpade 2016 di Brasil.

Pada Asian Para Games 2018, Siti Noor hanya mampu meraih medali perak dengan lompatan sejauh 5.18 meter. Sementara medali perunggu diraih atlet disabilitas Jepang, Sakai Sonomi dengan lompatan sejauh 5.02 meter.

"Alhamdulillah bisa melewati rekor Asia. Saya senang bisa mencapai target medali emas," ujar Rica di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin 8 Oktober.

Mendapatkan medali emas di Asian Para Games 2018 tak membuat Rica terlena. Dia masih mengincar tampil di ajang multicabang olahraga disabilitas dunia.

"Saya mau bertanding di Paralimpiade di Tokyo. Kemudian, saya juga akan menaikkan haji ayah dan ibu," ujar atlet berusia 25 tahun itu.

Pada Asian Para Games 2018, Rica bukan hanya turun pada nomor lompat jauh T20. Dia juga turun di nomor tolak peluru F20 putri. Sayangnya ia gagal meraih medali. 

Rica Oktavia Sumbang Medali Emas dari Lompat Jauh



(FIR)