AFC U-20 Futsal Championship 2019

Piala Asia Futsal U-20: Indonesia Bungkam Malaysia

M. Rizky Adhestian    •    07 Desember 2018 18:14 WIB
Piala Aff Futsal
Piala Asia Futsal U-20: Indonesia Bungkam Malaysia
Logo AFC U-20 Futsal Championship (Foto AFC)

Bangkok: Timnas futsal Indonesia meraih kemenangan pertama  di AFC U-20 Futsal Championship 2019 zona ASEAN saat bertemu Malaysia, Jumat 7 Desember. Garuda Muda menggasak negara tetangga dengan skor 4-2.

Bermain di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand, Indonesia sempat berada di bawah tekanan lantaran kecolongan gol cepat Malaysia. Laga baru berjalan dua menit, Malaysia unggul 1-0 berkat gol yang dicetak pemain nomor punggung 8, Ahmad Harith Naim.

Garuda Muda sebetulnya membuat cukup banyak peluang, usai Malaysia membuka keunggulan. Namun, penyelesaian akhir mereka belum menemui target.

Menjelang empat menit babak pertama berakhir, Indonesia baru mampu membalas gol Malaysia. Adalah Dewa Rizki yang mampu memecah kebuntuan Skuat Garuda Muda.

Gol Dewa berawal dari sepakan pojok yang didapat Indonesia. Tendangan kerasnya menghasilkan kemelut di depan gawang Aiman Fikry dan bola masuk melewati garis gawang.

Wasit mengeluarkan kartu merah untuk pemain Malaysia, Muhammad Ekmal menjelang dua menit babak pertama. Ekmal tertangkap wasit melayangkan sikunya ke salah satu pemain Indonesia akibat tak dapat menahan emosi.

Momen unggul jumlah pemain selama dua menit akibat kartu merah Ekmal langsung dimanfaatkan Indonesia untuk memombardir pertahanan Malaysia. Afif Rizky mencetak gol dengan penyelesaian akhir yang rapih untuk membuat keunggulan berbalik 2-1 untuk Indonesia.

Indonesia makin di atas angin setelah Rizal Musthofa mencetak gol untuk membuat Indonesia unggul 3-1 hingga babak pertama berakhir.

Unggul dua gol, Indonesia tidak terlalu ngotot di babak kedua. Dengan tenang, para pemain Indonesia meredam agresivitas serangan Malaysia sambil sesekali mengancam gawang Skuat Harimau muda.

Lima menit jelang pertandingan berakhir, Indonesia berhasil menambah pundi-pundi gol. Muhammad Syaifullah dengan mudah membobol gawang Malaysia usai menyambar bola liar hasil tendangan rekannya yang masih bisa diblok kiper Malaysia.

Malaysia menjawab ketertinggalan tiga gol dengan memainkan skema power play. Sayang, skema itu tidak terlalu berhasil lantaran Malaysia hanya bisa membalas satu gol lewat eksekusi penalti dari titik kedua yang dieksekusi oleh Iskandar. Hingga laga berakhir, Indonesia berhasil mempertahankan kemenangan dengan skor 4-2.

Dengan tambahan tiga poin ini, Indonesia yang mengoleksi empat poin, untuk sementara menggeser Vietnam di urutan kedua dengan berbeda surplus gol. Sementara Malaysia yang baru mengoleksi tiga poin harus turun ke posisi keempat.

Malaysia

Line-up

1. Aiman Fikry, 3. Muhammad Syamel, 7. Iskandar, 8. Ahmad Naim, 9. Zakry Asraf

Cadangan

2. Muhammad Erzuan, 4. Najmi, 5. Mohd Hafiz, 6. Mohd Ikhmal, 10. Mahadir Harahap, 11. Iqhmal Najmie, 12. Muhammad Zarul, 13. Muhammad Ekmal, 14. Mohamad Faezwan

Indonesia

Line-up

2. Ahmad Habibie, 5. Muhammad Rizki Xavier, 9. Afif Rizky, 11. Muhammad Sanjaya, 14. Revi Afrian

Cadangan

1. Muhamad Wildan, 3. Agung Pandega, 4. Muhammad Syaifullah, 6. Ari Ramdani, 7. Firman Adriansyah, 8. Rijal Rudin Ependi, 10. Dewa Rizki, 12. Rizal Musthofa, 13. Ramadhan Zidani




(ACF)