AFF Futsal 2018

Kata Pelatih Futsal Indonesia Usai Lolos ke Semifinal

Ahmad Mustaqim    •    07 November 2018 17:07 WIB
futsalPiala Aff Futsal
Kata Pelatih Futsal Indonesia Usai Lolos ke Semifinal
Kensuke Takahashi (tengah). (Foto: medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Sleman: Timnas Futsal Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF Futsal 2018 setelah mengalahkan Kamboja 13-0 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Rabu 7 November 2018. Kemenangan telak ini menjadi modal Bayu Saptaji dan kawan-kawan pada semifinal. 

Indonesia menjadi Runner up grup A di bawah Malaysia. Pada fase grup, Indonesia menang dua kali dan kalah sekali. Malaysia menjadi juara grup setelah memenangi tiga pertandingan. 

Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi mengatakan dirinya sudah mengevaluasi kelemahan usai kelelahan dari Malaysia kemarin. Menurut dia, strategi yang diinstruksikan bisa diterapkan di lapangan. 

"Saya kira (kemenangan atas Kamboja) sudah melakukan perbaikan. Sambil saya juga menghormati lawan," kata Kensuke seusai pertandingan. 

Menurut dia, kemenangan besar itu bisa berdampak bagus untuk membangun semangat para pemain. Ia juga berharap kemenangan juga bisa berdampak secara tim. 

Baca: Cukur Kamboja, Timnas Futsal Indonesia Melangkah ke Semifinal


"Walaupun menang besar, mereka (pemain) berkembang cukup bagus, termasuk untuk tim juga," kata dia. 

Kensuke menambahkan, para pemain Indonesia harus bisa lebih bagus dalam hal permainan dan kerja sama tim untuk laga semifinal. Sebab, antara Thailand dan Vietnam akan menjadi salah satu calon lawan pada semifinal. 

"Saya kira, pemain (untuk laga semifinal) harus bisa mengaplikasikan taktik di lapangan dengan 100 persen. Kami tahu mereka (calon lawan) lebih berpengalaman," kata dia. 

Pada kesempatan lainnya, pelatih Timnas Futsal Kamboja, Phan Sophannara mengatakan Indonesia menjadi tim yang sangat potensial. Ia menyebut pemain seperti Bambang Bayu Saptaji dan Andriansyah memiliki kemampuan yang sangat bagus. 

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Masyarakat Antusias Sambut Piala AFF 2018


(ASM)