ASEAN Basketball League (ABL) 2017

Lepas Evan Brock, CLS Knights Rekrut Dua Pemain Asing

Krisna Octavianus    •    12 Desember 2017 08:59 WIB
basketasean basketball league
Lepas Evan Brock, CLS Knights Rekrut Dua Pemain Asing
Decorey Aarin Jones. (Foto: Ist)

Surabaya: Jelang menghadapi laga kandang terakhir di ajang ASEAN Basketball League (ABL) 2017 melawan Singapore Slingers pada Rabu 13 Desember, CLS Knights Indonesia berbenah dengan mengganti salah satu pemain asingnya, Evan Brock. Sebagai gantinya, CLS sekaligus merekrut dua pemain asing yakni Decorey Aarin Jones (World Impor asal Amerika) dan Rudy Lingganay (Heritage player dari Filipina).

Nama Decorey Aaron Jones menjadi pilihan utama setelah ia tampil gemilang dalam Jawa Pos Pro Tournament 2017 yang berlangsung di Surabaya pekan lalu. Pada ajang tersebut dia berhasil membawa timnya BBM Pontianak Warriors menjadi juara. Sebelumnya, Decorey Jones juga pernah bermain di liga LNB Chile bersama tim Espanol De Talca dan ia pun menorehkan prestasi dengan membawa timnya merajai liga nasional Chile pada musim 2016 -- 2017.

Sementara, Rudy Briones Lingganay Jr, merupakan pemain kelahiran Zamboanga City 31 tahun silam. Ia berposisi point guard serta mempunyai pengalaman bermain di liga profesional Filipina (PBA) di antaranya bersama tim Powerade Tigers, Global Port Batang Pier, KIA Picanto dan TNT Ka Tropa.  

Baca: Hasil Undian Dubai World Super Series Finals 2017


“Sebelumnya saya berterima kasih kepada Evan Brock atas kontribusinya dalam tiga pertandingan terakhir. Setelah berdiskusi dengan tim pelatih, khususnya mengenai kekalahan di game kedua dan keempat kemarin, kita butuh dua pemain yang bisa membawa permainan jadi lebih cepat. Absennya Duke tidak dapat dipungkiri memang berdampak pada tim ini, karena ia mampu membakar energi permainan CLS Knights lewat totalitas dan jiwa kepemimpinannya di lapangan,"  ujar Christopher Tanuwidjaja, Managing Partner CLS Knights Indonesia dalam keterangan resminya.

"Setelah kami mencoba Decorey Jones, kita melihat ada energi yang dia bawa dan dia juga pekerja keras di lapangan. Sedangkan, Rudy Lingganay merupakan nama pemain heritage (asia keturunan) terakhir yang kita daftarkan ke ABL. Dia kita rekrut untuk memacu tempo permainan tim jadi cepat lagi. Semoga dengan bekal pengalamannya bermain di ABL, TBSL, dan PBA mampu memberikan dampak positif bagi tim,” lanjutnya. 

Pelatih kepala CLS Knights Indonesia, Koko Heru Setyo Nugroho, memberikan ulasan kepada dua pemain baru yang direkrut jelang menghadapi Singapore Slingers. Harapan terbesarnya, kedua pemain tersebut mampu beradaptasi dan juga berperan untuk membawa kemenangan bagi timnya. 

Baca: Rekor Pertemuan Marcus/Kevin vs Tiga Lawan di Grup A


"Tujuan kami mendatangkan dua pemain ini supaya permainan cepat CLS Knights bisa semakin tajam. Saya melihat dalam beberapa kali latihan Decorey Jones bersama kami, dia mampu berbaur dengan sistem permainan kami. Bekal bermain di JP turnamen kemarin juga bagus untuk proses adaptasinya. Sementara Rudy baru datang kemarin. Semoga bisa menambah kedalaman skuat CLS Knights. Walaupun demikian, saya tetap memberikan kepercayaan dan tanggung jawab yang sama kepada para pemain lainnya,” kata Koko. 

Pada pertemuan awal, CLS Knights Indonesia harus mengakui keunggulan Singapore Slingers dengan skor 77-66. Brian Williams dan Evan Brock berhasil mencetak double-double. Brian Williams menorehkan 15 poin, 13 rebound. Sementara Evan Brock 20 angka dan 12 rebound.

Video: Siman Berjaya di 100 Meter Gaya Punggung dalam Test Event Asian Games


(ASM)