Dana Asian Para Games 2018 Macet

Media Indonesia    •    29 Oktober 2017 10:04 WIB
olahraga
Dana Asian Para Games 2018 Macet
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kiri) memotong tumpeng didampingi (kiri ke kanan) Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari, Menpora Imam Nahrawi - ANT/SIGID KURNIAWAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) akan membuat perencanaan ulang untuk pemanfaatan anggaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Anggaran khusus persiapan dan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 dari Kemenpora diharapkan dapat dicairkan pada pekan depan.

Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari menuturkan, semula pemerintah menyediakan anggaran Inapgoc sebesar Rp86 miliar. Anggaran itu berasal dari realokasi anggaran Olympic Center pada tahun anggaran 2017 dengan nilai Rp357 miliar.

Namun, pencairan anggaran tersebut masih menunggu dibukanya blokiran dana oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Untuk mengantisipasi waktu pencairan dana yang dikhawatirkan lama, Kemenpora berencana menambahkan dana Inapgoc dengan memberikan anggaran Rp20 miliar yang diambil dari realokasi dana Museum Olahraga.

(Baca juga: Venue Asian Para Games 2018 Belum Penuhi Standar)

Pihak Kemenpora tengah menunggu pencairan dana dari Kemenkeu. Belakangan, dana yang siap dicairkan dan disetujui DPR yakni Rp86 miliar, sedangkan dana Rp20 miliar dibatalkan.

Okto merasa dipermainkan. Dia mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam mendukung Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018. "Kita sudah menyusun perencanaannya tentang penyerapan anggaran Rp20 miliar dan Rp86 miliar, sekarang yang Rp20 miliar tidak ada sehingga otomatis dilebur dengan Rp86 miliar," ucap Okto.

Terpisah, Sekretaris Menpora Gatot S Dewabroto mengatakan dana Rp86 miliar diharapkan bisa cair, besok. Saat ini proses pembukaan blokiran dana hampir selesai.

(Baca juga: Maskot Asian Para Games 2018 Bernama Ulung)




(REN)