Pesenam Cantik Amerika Serikat jadi Korban Pelecehan Seksual

Kautsar Halim    •    20 Oktober 2017 01:02 WIB
olahraga
Pesenam Cantik Amerika Serikat jadi Korban Pelecehan Seksual
McKayla Maroney. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / RONALD MARTINEZ)

Metrotvnews.com: Pemilik medali emas Olimpiade 2012 McKayla Maroney punya kenangan buruk dengan mantan dokter tim senam putri Amerika Serikat, Larry Nassar. Ia mengklaim telah dilecehkan secara seksual sejak berusia 13 tahun.

Maroney baru membongkar pengalaman buruk itu ketika usianya saat ini menginjak 21 tahun. Keberaniannya mengungkapkan kebenaran baru muncul setelah mengikuti gerakan #MeToo di Twitter.


Klik: Tekuk Wakil Taiwan, Ricky/Angga Melaju ke Perempat Final


Dijelaskan Maroney, Nassar sudah melakukan tindakan bejat itu ketika ia menjalani pemusatan latihan (TC) di Texas. Pelecehan itu bahkan disebutkannya telah dilakukan berulang kali.

"Saya telah dilecehkan oleh Dr Larry Nassar yang merupakan dokter tim senam putri Amerika Serikat. Saat itu, Dr Nassar sempat berdalih bahwa saya butuh perawatan medis penting, dan sama seperti dengan perawatan yang ia berikan dalam 30 tahun kariernya menangani pasien," tulis Maroney di Twitter.

"Perawatan khusus itu sudah ia berikan sejak saya masih berusia 13 tahun dan masih terus dilakukan hingga saya berhenti berolahraga," tambahnya.


Klik: Evaluasi Jonatan Christie setelah Gagal di Denmark


Awal tahun ini, Nassar terbukti bersalah atas kepemilikan gambar pelecehan seksual anak di bawah umur yang ditemukan polisi. Pihak kepolisian baru tergerak melakukan penyelidikan karena mendapat laporan bahwa Nassar melakukan penyerangan seksual terhadap wanita muda.

Saat ini, Nassar sedang berada di dalam penjara untuk menunggu persidangan atas tuduhan tindakan kriminal tingkat pertama. Ia dikabarkan bakal melakukan banding karena membantah semua tuduhan yang mengarah kepada dirinya.

Maroney merupakan salah satu atlet putri berprestasi di Amerika Serikat. Selain menyumbang emas dari sejumlah nomor senam perorangan, ia juga membantu tim senam putri Amerika Serikat untuk menjadi yang terbaik di ajang Olimpiade 2012 London. (independent.ie)

 


(ACF)