SEA Games 2017: Renang

Raih Emas, Triady Fauzi Pecahkan Rekornas

Kautsar Halim    •    24 Agustus 2017 21:45 WIB
sea games 2017
Raih Emas, Triady Fauzi Pecahkan Rekornas
Aksi Triady Fauzi Sidiq saat tampil di SEA Games 2017, Malaysia (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Bukit Jalil: Perenang andalan Indonesia, Triady Fauzi Sidiq akhirnya sukses menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2017, Malaysia. Medali emas diraih Triady saat turun di nomor andalannya, 200m gaya ganti perorangan putra.

Triady jadi yang terbaik di nomor ini usai mencatatkan waktu terbaik 2 menit 01,72 detik. Catatan ini makin terasa istimewa karena ia berhasil memecahkan rekor nasional. Sebelumnya, rekornas lama adalah 2 menit 02,05 detik.

"Puas rasanya bisa mendapat medali emas. Kerja keras selama latihan tertuntaskan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan," ucap Triady setelah lomba.

Ini jadi medali kedua yang diraih Triady di nomor perorangan. Sebelumnya, perenang asal Cimahi, Jawa Barat itu, meraih medali perak pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu. Saat itu, ia kalah dari perenang Singapura yang juga atlet top dunia, Joseph Isaac Schooling.

Di nomor 100m gaya punggung perorangan putra, I Gede Siman Sudartawa gagal memenangi persaingan sengit dengan perenang Singapura, Zheng Wen Quah. Siman harus puas dengan medali perak lantaran catatan waktu 54,94 detik yang ditorehkannya, kalah tipis dari Zheng yang sukses merebut medali emas dengan catatan 54,81 detik.
 

Baca: Aldoms Sugoro Sumbang Emas di Cabor Tinju


Meski gagal menyumbangkan emas, Siman masih bisa berbangga lantaran catatan waktunya tersebut juga tercatat sebagai rekor nasional baru. Sebelumnya, rekornas lamanya adalah 55,07 detik.

"Ini best time saya. Bersyukur bisa dapat perak, saya akan tingkatkan lagi beberapa teknik," jelas Siman.

Di sektor putri, Indonesia berhasil menambah dua medali perunggu pada hari ini, Kamis 24 Agustus 2017. Perunggu tersebut disumbangkan Ressa Kania Dewi dan Vanessae Evato.
 

Baca juga: Pecundangi Malaysia, Tim Beregu Putra Indonesia Rebut Emas


Ressa merebut medali perunggu pada nomor 200m gaya ganti perorangan putri dengan catatan 2 menit 17,46 detik.  Ini juga jadi rekornas baru, lebih tajam dari rekornas lama 2 menit 17,83 detik.

"Senang bisa medali, bersyukur sudah dapat 2 perunggu. Terima Kasih yang sudah mendukung selama ini. Baik jajaran pelatih, terutama coach David dan juga satuan Pussenarmed Cimahi," jelas Serda (K) Ressa yang bertugas TNI AD.

Sementara itu, Vanessae Evato meraih perunggu di nomor 100 meter gaya dada putri dengan catatan 1 menit 10,82 detik.

"Senang bisa sumbang medali, tapi kurang puas karena belum bisa pecahkan rekor pribadi. Saya akan berusaha perbaiki lagi," ujar Vanessae.

Secara total, kontingen renang Indonesia sejauh ini sudah menyumbangkan 2 medali emas, 6 perak dan 5 perunggu.

Video: ?Renang Tambah Perolehan Perak & Perunggu SEA Games
 


(ACF)