Pencak Silat

Pencak Silat Kian Mendunia, Prabowo Optimistis Dipertandingkan di Olimpiade

A. Firdaus    •    22 Mei 2017 16:43 WIB
pencak silat
Pencak Silat Kian Mendunia, Prabowo Optimistis Dipertandingkan di Olimpiade
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI), Prabowo Subianto. (Foto: Mtvn/ A. Firdaus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pencak silat merupakan salah satu olahraga asli Indonesia. Kini olahraga bela diri tersebut kian mendunia dengan banyak negara yang berminat untuk menggelutinya.

Salah satu buktinya adalah ketika digelarnya Kejuaraan Dunia ke-17 yang berlangsung di Denpasar Bali pada 3 sampai 8 Desember lalu. Tercatat, ada 42 negara yang mengikuti kejuaraan tersebut. Termasuk negara-negara Eropa seperti Inggris, Amerika Serikat, Prancis, hingga Belanda.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) Prabowo Subianto mengaku bangga dengan tenarnya pencak silat di mata dunia. Ia berharap pencak silat bisa lebih dikenal lagi di penjuru dunia. Sehingga bisa masuk ke dalam salah satu cabang yang dimainkan di Olimpiade.

"Bangga pencak silat bisa digandrungi banyak negara. Sebanyak 42 negara ikuti kejuaraan di Bali. Tapi yang minat sudah puluhan negara. Di Asian Games 2018, persyaratannya minimal harus di atas 50 negara, dan itu target kami yang sudah tercapai. Sementara untuk Olimpiade kurang lebih harus ada 70 negara yang berpartisipasi di nomor ini," ujar Prabowo.

"Banyak negara yang mulai serius untuk menggeluti olahraga pencak silat ini. Baru-baru ini ada beberapa negara yang datang ke Indonesia, pelatih-pelatih kita juga banyak melakukan pengenalan dengan negara-negara peminat. Kami harus mendorong minat mereka untuk bisa membudayakan pencak silat ini ke level yang lebih luas lagi," terang Prabowo.

Baca: Untuk Kali Keempat, Prabowo Dilantik sebagai Ketum IPSI


Seperti diketahui, pencak silat untuk pertama kalinya resmi dipertandingkan di Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Kini pria yang juga menjabat Presiden Persilat Dunia ini terus menggenjot programnya agar pencak silat bisa dimainkan di Olimpiade 2024 mendatang. Sementara pada Olimpiade 2020, pencak silat sudah bisa dipertandingkan di tingkat eksebisi.

"Kami melakukan tryout ke mancanegara untuk meningkatkan kualitas dan yang terpenting sekarang kualitas atlet kita. Kami juga terus untuk mensosialisasi pencak silat, kami melakukan roadshow ke beberapa negara untuk mendemonstrasikan pencak silat, serta melakukan promosi," tegasnya.

Baca: 301 Pebulu Tangkis Siap Bertarung di BCA Indonesia Open 2017


Selain dipertandingkan pada ajang Sea Games, pencak silat juga punya kejuaraan dunia sendiri. Tercatat sudah 17 kali digelar sejak dipertandingkan pada 1982 silam. Terakhir, kejuaraan ini digelar di Denpasar, Bali pada Desember 2016 yang diikuti 42 negara.

Video: Kevin Durant Gemilang, Warriors Ungguli Spurs




(ASM)