Islamic Solidarity Games 2017

Lagi, Siman Sumbang Emas untuk Indonesia di ISG 2017

Achmad Firdaus    •    16 Mei 2017 23:56 WIB
olahraga
Lagi, Siman Sumbang Emas untuk Indonesia di ISG 2017
I Gede Siman Sudartawa (tiga dari kiri) memamerkan medali emas keduanya di ajang ISG 2017 (Foto: IST)

Metrotvnews.com, Baku: Prestasi gemilang kembali dicatatkan perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa di ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2017. Atlet pelatnas asal Bali ini baru saja menyumbangkan medali emas keduanya untuk kontingen renang Indonesia.

Setelah meraih emas pada nomor 100m gaya punggung putra, Senin kemarin, Siman kembali jadi yang terbaik di nomor 50m gaya punggung putra, Selasa 16 Mei 2017.

Emas kedua berhasil diraih Siman usai mencatatkan waktu 25,12 detik. Ia kembali mengalahkan atlet Turkmenistan Atayev Merdan yang harus puas dengan medali perak usai mencatatkan waktu 25,82 detik. Adapun, medali perunggu diraih atlet Turki, Iskender Baslakov dengan catatan 25,84 detik.



Tak hanya merebut medali emas, torehan waktu Siman ini sekaligus mempertajam rekor nasional miliknya (25,15) yang dicatatkannya pada ajang Singapore Age Group Swimming Championship 2017, Maret lalu.

Selain Siman, perenang putri Azzahra Permatahani juga berhasil mempertajam rekor nasional miliknya saat turun di nomor 400m gaya ganti perorangan putri.

Azzahra berhasil mempertajam catatan waktunya dari 4 menit 53,66 detik menjadi 4 menit 51,46 detik saat turun di Baku Aquatic Center, Selasa 16 Mei. Sayangnya, torehan waktu Azzahra kali ini belum cukup untuk mendapatkan medali emas.

Azzahra harus puas menerima medali perak usai kalah dari Viktoriya Zeynep Gunes yang meraih medali emas dengan catatan waktu 4 menit 45,18 detik. Sementara itu, medali perunggu berhasil diraih atlet Indonesia lainnya, yakni Ressa Kania Dewi dengan waktu 4 menit 58,62.
 

Baca: Renang Tambah Emas dan Pecahkan Rekornas di ISG 2017


Di nomor 800m gaya bebas perorangan putra, Aflah Fadlan Prawira juga berhasil menyumbangkan medali perak usai mencatatkan waktu 8 menit 16,00 detik.

Satu medali perak lain berhasil diraih kontingen Indonesia di nomor estafet 4x100m gaya bebas putri dengan catatan waktu 3 menit 52,98 detik. Tim Indonesia yang terdiri dari Patricia Yosita Hapsari, Nurul Fitriyati, Ressa Kania Dewi, dan Sagita Putri Krisdewanti ini nyaris memecahkan rekornas lama mereka, yakni 3 menit 52,72 detik.

Sementara itu, dua medali perunggu lainnya berhasil disumbangkan oleh Ananda Treciel Vanessae Evato (100m gaya dada putri) dan Sagita Putri Krisdewanti yang turun di nomor 200m gaya bebas perorangan putri.
 

Baca juga: Kontingen Renang Indonesia Tambah Dua Medali Perak di ISG 2017


Di hari keempat ini, kontingen renang Indonesia berhasil menyumbangkan satu medali emas, tiga perak dan tiga perunggu. Secara total, sejauh ini kontingen renang Indonesia sudah meraih 3 emas, 13 perak dan 12 perunggu.

"Alhamdulillah renang sudah menyumbang 3 emas untuk merah putih. Apresiasi sebesar-besarnya atas penampilan luar biasa Siman dan Azzahra. Semoga ini bisa menginspirasi rekan-rekannya yang lain ke depannya. Ini berkat kerja keras para perenang dan pelatih dan didukung suasana yg kondisif di pelatnas. Semoga berlanjut terus," demikian komentar Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E. Rahardjo dalam pesan WhatsApp yang diterima wartawan.

Dengan hasil ini, Indonesia berhasil mempertahankan posisi empat di klasemen sementara perolehan medali dari total 54 negara yang berpartisipasi. Indonesia meraih 6 emas, 18 perak dan 18 perunggu.

Sementara itu, Turki masih memimpin klasemen umum perolehan medali dengan koleksi 43 emas, 39 perak dan 31 perunggu. Posisi Turki ditempel ketat oleh tuan rumah Azerbaijan yang mengemas 40 emas, 23 perak dan 16 perunggu.

Berikut klasemen sementara perolehan medali hingga hari keempat Islamic Solidarity Games 2017:



(ACF)