Wimbledon 2017

Tembus Semifinal, Johanna Konta Ukir Sejarah

A. Firdaus    •    12 Juli 2017 07:32 WIB
tenis
Tembus Semifinal, Johanna Konta Ukir Sejarah
Johana Konta (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, London: Johanna Konta lolos ke semifinal Wimbledon Selasa 11 Juli waktu setempat. Kepastian didapat setelah petenis berusia 26 tahun itu menyingkirkan Simona Halep 6-7 (2), 7-6(5), 6-4.

Konta bukan hanya mendapatkan satu tiket ke empat besar, ia juga menjadi petenis putri Britania pertama yang mencapai babak semifinal dalam kurun waktu 40 tahun.

Sebelumnya pencapaian itu didapat oleh Virginia Wade yang mencetaknya pada 1978 untuk mencapai semifinal. Wade yang juga menyaksikan pertandingan itu terkejut dengan apa yang diraih Konta.

Klik di sini: Rumah Indonesia, Panggung untuk Atlet Lokal Berprestasi

"Saya hanya terkejut bahwa ini catatan ini telah lama terpelihara. Tidak apa-apa menjadi pemenang putri Inggris terakhir untuk memenangkan Wimbledon, tapi lebih baik memiliki banyak pemain Inggris untuk menang. Ini adalah win-win situation, sejujurnya, dan saya sangat senang untuknya," kesan Wade.

Pertarungan tiga set itu tidak didapat Konta dengan mudah. Halep yang merupakan unggulan ketiga pada grand slam ini, sempat tampil bagus pada awal laga.

Klik di sini: Alm Arie Sudewo, Sosok yang Berdedikasi Tinggi untuk KONI

Beruntung, petenis kelahiran Sydney itu didukung oleh permainan yang buruk Halep di tengah laga dan dukungan dari penonton.

"Saya kira berada di semifinal pada grand slam di rumah saya, dan melakukan itu di depan lapangan yang hebat, maksud saya, ini cukup cantik," kata Konta.

Tapi di semifinal Konta akan menghadapi lawan yang lebih berat lagi. Unggulan keenam tersebut akan ditantang petenis Amerika Serikat, Venus Williams untuk mendapatkan satu tempat di final.

Jelang SEA Games, Atlet Panahan Ini Lakukan Meditasi
 


(FIR)