Asian Para Games 2018

Update Klasemen Medali Asian Para Games Sore Ini

Patrick Pinaria    •    08 Oktober 2018 17:26 WIB
Asian Para Games
Update Klasemen Medali Asian Para Games Sore Ini
Rica Oktavia (tengah) berhasil menyumbang medali emas ketiga untuk Indonesia di Asian Para Games 2018 (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Jakarta: Indonesia terus menambah perolehan medali emas, memasuki hari ketiga penyelenggaraan Asian Para Games 2018, Senin 8 Oktober. Dua medali emas digondol kontingen Merah Putih hingga sore ini. Menariknya, kedua medali tersebut didapat Indonesia di cabang olahraga para atletik. 

Emas pertama Indonesia hari ini hadir dari nomor tolak peluru F20 putri melalui perwakilannya, Suparniyati. Ia sukses menjadi pemenang pada babak final setelah mencatatkan lemparan sejauh 10,75 meter. Catatan tersebut membuat Suparniyati berhasil mengalahkan atlet Jepang Nakada Hiromi dan atlet Indonesia lainnya, Tiwa. 

Hiromi yang menjadi runner-up pada pertandingan ini, tercatat hanya memperoleh lemparan sejauh 10,51 meter. Sedangkan Tiwa melepaskan lemparan total 6,44 meter yang membuatnya meraih medali perunggu.

Baca: Rebut Medali Emas, Rica Oktavia Pecahkan Rekor Asia

Kemudian, medali emas juga disumbangkan oleh salah satu atlet para atletik Indonesia Rica Oktavia. Ia berhasil memenangkan pertandingan di nomor T20 lompat jauh.

Pada pertandingan tersebut, Rica meraih lompatan sejauh 5,25 meter. Ia unggul dari perwakilan Malaysia Siti Noor Radiah (5,18 meter) dan perwakilan Jepang Sakai Sonomi (5,02 meter).

Berkat pencapaian keduanya, Indonesia kini sudah mengoleksi tiga emas di klasemen medali sementara. Sebelumnya, emas pertama sudah didapat Indonesia lewat tim beregu para bulu tangkis pada Minggu 7 Oktober. Jumlah medali emas ini sekaligus membuat Indonesia bertahan di peringkat keenam.

Baca: Asian Para Games: Raih Emas, Suparniyati Masih Kecewa

Sementara itu, posisi pertama masih menjadi milik Tiongkok. Mereka sejauh ini sudah mengoleksi 20 medali emas. Jumlah emas itu membuat mereka terus meninggalkan pesaing-pesaing terdekatnya seperti Korea Selatan dan Jepang. 

Sejauh ini, posisi kedua ditempati Korsel. Mereka baru mengoleksi delapan medali emas. Sedangkan posisi ketiga diperoleh Jepang yang mengumpulkan lima medali emas.


Video: Rica Oktavia Sumbang Medali Emas dari Lompat Jauh

 


(ACF)