Asian Para Games 2018

Cara Atlet Bulu Tangkis Hilangkan Gugup jelang Asian Para Games 2018

M. Rizky Adhestian    •    06 September 2018 19:17 WIB
asian para games
Cara Atlet Bulu Tangkis Hilangkan Gugup jelang Asian Para Games 2018
Atlet bulu tangkis senior Indonesia, Suryo Nugroho di Asian Para Games 2018 (Foto: M. Rizky Adhestian/Medcom.id)

Surakarta: Atlet bulu tangkis senior Indonesia, Suryo Nugroho, mengakui ekspektasi tinggi membuatnya gugup menjelang perhelatan Asian Para Games 2018. Namun, ia punya cara tersendiri dalam menanggulangi hal tersebut.

Suryo sebelumnya mencatat prestasi pada ASEAN Games 2017 Kuala Lumpur. Ia meraih medali perak dari nomor ganda putra dengan pasangannya, Oddie Kurnia.

Untuk Asian Para Games tahun ini Suryo akan turun di tiga nomor, yaitu beregu putra, tunggal putra, dan ganda putra. Meski tidak ditargetkan medali emas, atlet berusia 23 tahun itu tetap bertekad menginjak babak final.

"Saya memang tidak ditargetkan medali (emas), tapi tetap ditargetkan medali bukan emas. Itu membuat saya jadi tidak terbeban dan lepas mainnya," kata Suryo di Surakarta pada Kamis 6 September.

"Tetapi saya sih tujuannya masuk final, sama seperti semua teman-teman dari (kelas) upper. Jadi ingin bikin All-Indonesian final," lanjut dia.

Bermain di Tanah Air sendiri dan disaksikan langsung oleh kerabat-kerabatnya diakui Suryo membuatnya gugup. Untuk itu, ia lebih suka menyendiri dan memfokuskan pikirannya pada pertandingan.

"Lebih banyak gugupnya karena kita main di rumah sendiri, ditonton saudara, orang tua dan teman-teman. Ekspektasinya lebih tinggi. Mungkin saya lebih suka menyendiri. Biasanya kan sama teman-teman suka bercanda, kalau sekarang difokuskan," ujar Suryo.

Asian Para Games 2018 sendiri akan resmi dibuka dengan seremonial pembukaan pada 6 Oktober dan berlangsung hingga 13 Oktober. Sebanyak 568 medali emas akan diperebutkan dalam 18 cabang olahraga.

Rencana Pasutri Pesilat Indonesia Usai Raih Bonus



(FIR)