PON 2016

Siman Tak Terbendung di Nomor Gaya Punggung

Kautsar Halim    •    19 September 2016 06:25 WIB
pon 2016
Siman Tak Terbendung di Nomor Gaya Punggung
Gede Siman Sudartawa (tengah) diapit Ricky Anggawijaya dan Glenn Victor (Foto: Kautsar Halim/Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Bandung: Gede Siman Sudartawa berhasil menyumbang medali emas untuk DKI Jakarta di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat. Tren positif itu ia raih setelah tampil mengesankan di final cabor renang nomor 100m gaya punggung putra, Minggu 18 September.

Siman yang juga salah satu perenang andalan Indonesia memang memiliki spesialisasi untuk bertanding di nomor gaya punggung. Oleh karena itu, tak heran jika catatan waktu yang ia torehkan saat ini berselisih cukup jauh dengan ketujuh lawannya.

Pemuda berusia 22 tahun itu sukses menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 55.37 detik. Ia berhasil meninggalkan Ricky Anggawijaya (Jawa Barat) di urutan kedua dengan selisih waktu hampir dua detik. Sedangkan Glenn Victor yang finis di urutan ketiga malah mencatatkan waktu hampir satu menit atau tepatnya 99.99 detik.

(Baca Juga: Ricky Anggawijaya Tambah Pundi Emas untuk Tuan Rumah)

Selain menyabet emas, catatan waktu Siman juga berhasil memecahkan Rekor yang ditorehkan dirinya sendiri pada PON 2012 di Riau. Sayang, Siman masih gagal memperbaiki rekor nasional yang juga ia torehkan sendiri pada 2012. Selisihnya dengan rekor nasional sangat tipis, karena saat itu ia merekam waktu 55.32 detik.

Selain membela DKI Jakarta, Siman juga merupakan salah satu atlet andalan Indonesia di kancah internasional. Salah satu prestasi yang terbilang membanggakan adalah ketika ia berhasil merebut empat medali emas lewat ajang SEA Games 2011. Sayangnya, Siman harus absen dalam Olimpiade 2016 Brasil karena kalah bersaing dengan Glen Victor yang merupakan wakil Jawa Timur.

Video Gede Siman Sudartawa rebut medali emas cabor renang nomor 100m gaya punggung:





(FIR)

Lewat Drama Adu Penalti, Tim Sepak Bola Jabar Sukses Raih Medali Emas
PON 2016 Cabang Sepak Bola

Lewat Drama Adu Penalti, Tim Sepak Bola Jabar Sukses Raih Medali Emas

4 hours Ago

Tim sepak bola Jawa Barat (Jabar) berhasil meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional …

BERITA LAINNYA