PON 2016 Jabar Cabor Senam Artistik

Tiga Emas DKI Jakarta Dipersembahkan Rifda Sambil Cedera

Kautsar Halim    •    23 September 2016 08:48 WIB
pon 2016
Tiga Emas DKI Jakarta Dipersembahkan Rifda Sambil Cedera
Seremoni pengalungan medali, Rifda Irfanaluthfi. (Foto: MTVN/Zam)

Metrotvnews.com, Bandung: Pesenam putri DKI Jakarta, Rifda Irfanaluthfi tampil menawan dalam ajang PON 2016 Jabar. AKhirnya, ia sukses memenuhi target untuk menyabet tiga medali emas meskipun sedang menderita cedera lutut.

Pada hari pertama cabor senam yang berlangsung di Sport Center Arcamanik, Rabu 21 September, Rifda sukses merebut medali emas melalui nomor all around (serba bisa). Saat itu, ia mampu lebih baik ketimbang dua atlet Jawa Timur yang meraih perak dan perunggu dengan catatan 52,499 poin.

Target Rifda baru terpenuhi ketika bertanding keesokan harinya atau pada hari kedua, Kamis 22 September. Tampil di dua nomor, yakni meja lompat dan senam lantai, peraih perak SEA Games 2015 itu tetap menjadi yang terbaik meski kondisi lututnya sudah makin tidak bersahabat.

Sepanjang jalannya laga, Rifda tampil dengan kedua lutut yang terbalut perban. Kemudian, ada beberapa loncatannya juga yang kurang sempurna ketika melakoni nomor senam lantai. Beruntung, penampilannya secara keseluruhan tetap mengesankan.

Rifda langsung mendapat perawatan seusal bertanding.

Saking memaksakan diri, Rifda langsung meringis kesakitan seusai pertandingan. Saat itu, pelatihnya yang juga pesenam legendaris nasional, Eva Novalina Butar Butar, langsung memeluknya dan menginstruksikan tim medis untuk memberikan pijatan.  

"Tadi saya sebenarnya saya sudah enggak bisa bertahan banget seusai pertandingan. Soalnya, lutut saya memang sakit dari sehari sebelum PON . Saya bisa bertahan karena punya niat yang besar untuk mencapai tujuan dan target. Pasalnya, saya memang ingin meraih tiga emas," ujar Rifda seusai laga.

"Secara keseluruhan saya sudah puas dengan penampilan kali ini. Tapi, sebetulnya saya juga enggak menyangka bisa dapat emas lewat senam lantai," tambahnya.

Rifda menjadi yang terbaik di nomor meja lompat dengan catatan 13,339 poin. Pesenam Jatim Dewi Prahara yang mengoleksi 13,316 poin terpaksa meraih perak, sedangkan Beby Pelany Pravity asal Jawa Barat mendapat perunggu dengan torehan 12,733 poin.

Di nomor senam lantai, selisih poin Rifda dengan juara kedua dan ketiga masih ketat. Nilai 13,866 poin yang ditorehkan Rifda saat itu berhasil dibuntuti Amalia Fauziah yang meraih perak dengan 13,333 poin dan Tazsa Miranda yang merebut perunggu dengan nilai 13,066 poin. Baik Amalia maupun Tazsa merupakan sama-sama wakil Jatim.   

Penampilan yang membuat Rifda Irfanalutfi memastikan emas dari nomor senam lantai PON 2016 Jabar pic.twitter.com/DvAwR4NPWL


(KAU)