Buka Tafisa 2016, JK: Olahraga Bukan Hanya Prestasi

M Rodhi Aulia    •    08 Oktober 2016 20:29 WIB
olahraga
Buka Tafisa 2016, JK: Olahraga Bukan Hanya Prestasi
Suasana pembukaan The Association For International Sport for All (TAFISA) World Games 2016 di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Foto: M Rodhi Aulia/Metrotvnews.com.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka The Association For International Sport for All (TAFISA) World Games 2016 yang digelar di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu malam. JK menyerukan agar olahraga ini mengedepankan persaudaraan antarbangsa.

"Dengan ini saya membuka tafisa keenam di Jakarta," kata JK, Sabtu (7/10/2016).

Upacara pembukaan ini diwarnai hujan gerimis. Namun menurut JK, hujan bukan suatu halangan untuk membuka acara ini.

"Saya teringat waktu kecil, main sepak bola waktu hujan. Ini suatu hal yang sangat menyenangkan. Saya rasa hujan ini juga bagian dari Tafisa," ujar JK.

Menurut JK, olahraga adalah bagian untuk meningkatkan mutu bangsa. JK meminta segenap manusia untuk tetap bergerak dan bergerak, di antaranya dengan olahraga.

Baca: Perhelatan TAFISA akan Hadirkan TIga Pemecahan Rekor Dunia

JK mengkritisi fenomena perkembangan teknologi informasi. JK berpendapat banyak manusia yang perhatiannya lebih banyak kepada gadget. JK khawatir dengan kebiasaan itu, manusia jadi tidak sehat.

"Setiap hari kita melihat anak-anak kita bermain gadget. Bungkuk mereka. Mari bergerak ke depan. Jangan jadi generasi bungkuk karena teknologi," ucap JK.

JK menyerukan agar peserta Tafisa tidak hanya mengejar kemenangan atau prestasi belaka.Tapi, lebih mengedepankan kegembiraan dan persaudaraan.

"Olahraga bukan hanya prestasi. Tapi persaudaraan, sportivitas, kegembiraan. Saya juga sampaikan salam dari Presiden Jokowi karena kesibukan beliau tidak bisa hadir. Namun semoga ini tidak mengurangi dan acaranya dapat berjalan dengan sebaik-baiknya," tandas dia.

Baca: Hari Pertama TAFISA, Panitia Mendapatkan Keluhan

Menteri PMK Puan Maharani menambahkan, akan ada 86 cabang olahraga yang dipertandingkan dan 58 kegiatan dalam acara Tafisa. Acara ini diikuti sebanyak 1.481 ribu peserta yang datang dari 87 negara. "Dari dalam negeri 3 ribu orang," ujar dia.

Hadir dalam pembukaan Tafisa ini Presiden Tafisa Ju Ho-Chang, Ketua Panitia Tafisa Hayono Isman, Menpora Imam Nachrowi, Menlu Retno Marsudi, Mekominfo Rudiantara dan lain sebagainya.

 


(AZF)