SEA Games 2017: Sepeda BMX

Filipina Jadi Pesaing Kuat Perebutan Emas Nomor BMX

Rendy Renuki H    •    21 Agustus 2017 22:53 WIB
sea games 2017
Filipina Jadi Pesaing Kuat Perebutan Emas Nomor BMX
Atlet BMX Indonesia Rio Akbar (kanan) dan I Gusti Bagus Saputra (MTVN/Rendy Renuki H)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua atlet sepeda BMX Indonesia, Rio Akbar dan I Gusti Bagus Saputra menyebut Filipina menjadi pesaing kuat memperebutkan medali emas SEA Games 2017 Malaysia. Keduanya mengatakan kekuatan Filipina meningkat setelah diperkuat atlet naturalisasi asal Amerika. 

Namun, Rio dan Bagus optimistis masih bisa merebut emas di cabang olahraga sepeda. Nomor BMX sendiri baru akan memulai pertandingan pada 26 Agustus mendatang. 

"Peta persaingan SEA Games lumayan ketat. Lawan terberatnya mungkin Filipina, karena mereka punya pembalap naturasisasi dari Amerika, Danny Caluag," tutur Rio, Senin (21/8/2017).
 

Baca: Siman Sumbang Medali Emas Cabang Renang dan Pecahkan Rekor


"Karena kalau dilihat faktor jam terbang kita masih kalah. Dia pernah juara di Amerika dan juga pernah ikut Olimpiade London 2012. Tapi kita optimis Indonesia bisa meraih emas," Bagus menimpali.

Sementara, jika melihat kemampuan keduanya, baik Rio dan Bagus mengakui sama-sama bersaing menjadi yang terbaik. Meski dikatakan Bagus, catatan waktu saat pemusatan latihan di Banyuwangi, Jawa Timur tak bisa menjadi acuan baku.
 

Baca juga: Ganda Putri Indonesia Sumbang Emas di Cabor Boling


"Kalau dari sisi skill sih sama, dari hasil latihan kita dilihat pelatih punya kemampuan sama seperti hasil TC di Banyuwangi, uji coba Kejurnas dan Kejuaraan Asia di Thailand. Tapi catatan waktu tidak bisa menjadi ukuran. Kadang beda lintasan beda waktu. Di Banyuwangi dengan sirkuit 400 meter, catatan waktu 3,4 menit, kalau pindah trek bisa beda lagi," tutupnya.

Video: ?Merasa Dicurangi Wasit, Timnas Sepak Takraw Putri Pilih Walk Out
 


(ACF)