SEABA 2017

Indonesia Taklukkan Singapura di Laga Pembuka SEABA 2017

Antara    •    12 Mei 2017 19:53 WIB
bola basket
Indonesia Taklukkan Singapura di Laga Pembuka SEABA 2017
Foto: http://www.fiba.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim nasional bola basket putra Indonesia berhasil menaklukkan Singapura 71-50 pada laga perdana kejuaraan SEABA 2017 yang berlangsung di Smart Araneta Coliseum, Manila, Filipina, Jumat 12 Mei 2017.

Dilansir dari laman Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), point guard senior Mario Wuysang menjadi bintang untuk timnas dengan menorehkan 20 poin, empat rebound dan tiga assist.

Sementara di kubu Singapura, catatan angka tertinggi menjadi milik Larry Liew dengan 11 poin, satu assist dan satu rebound.

Kemenangan itu disambut baik oleh kepala pelatih timnas Wahyu Widayat Jati. Sebabnya, Indonesia hanya memiliki waktu latihan terbatas sebelum pertandingan.

Ditambah lagi, pada laga tersebut Indonesia hanya diperkuat sembilan pemain karena Arki Dikania Wisnu dan pebola basket naturalisasi Jamarr Andre Johnson absen akibat belum turunnya pengesahan FIBA atas keberadaan mereka di tim.
 

Baca: San Antonio Spurs Lolos ke Final Wilayah Barat


"Jamarr dan Arki belum bisa bermain karena masih menunggu surat dari FIBA yang diperlukan karena mereka tidak lahir di Indonesia. Saya bangga dengan tim karena bisa bermain baik di tengah segala keterbatasan ini," ujar Cacing, sapaan akrab Wahyu, ketika dikonfirmasi usai pertandingan.

Meski meraup hasil positif, Cacing menyebut timnas masih bermasalah di kerja sama, komunikasi dan kekonsistenan permainan.

Saat berhadapan dengan Singapura, Indonesia bisa meninggalkan lawannya 40-11 di babak pertama. Akan tetapi, usai jeda, Singapura meningkatkan tekanan dan unggul di dua kuarter akhir, masing-masing dengan skor 18-16 dan 21-15.

Namun angka tersebut tidak banyak berpengaruh ke skor keseluruhan. Indonesia tetap memimpin pertandingan dan menang 71-50 hingga peluit akhir dibunyikan.

"Kami kendur di babak kedua karena anak-anak kecapaian, cuma bermain dengan sembilan orang," tutur Cacing.
 

Baca juga: Warriors Catat Hattrick Kemenangan atas Jazz


Selanjutnya, Indonesia akan melawan Malaysia pada Sabtu (13/5) pukul 16.00 waktu setempat. Malaysia sendiri
kalah dari Thailand dengan skor 67-74 di laga perdananya, Jumat sore.

Sebagai informasi, Indonesia hanya membawa 11 pemain dari 12 nama yang direncanakan untuk Kejuaraan SEABA 2017 yang diikuti oleh tujuh negara yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, Filipina dan Vietnam.

Sebelum berangkat ke Filipina, dua punggawa Pelita Jaya EMP Jakarta Ponsianus "Koming" Nyoman Indrawan dan Adhi Pratama mengundurkan diri dari tim. Keberadaan mereka kemudian digantikan oleh pemain CLS Knights Surabaya Firman Nugroho.

Menurut Manajer timnas bola basket putra Suhadi, Koming memutuskan untuk mundur dari semua kegiatan timnas karena alasan keluarga.

Sementara Adhi hanya absen di Kejuaraan SEABA 2017 demi fokus menyembuhkan cederanya. Big man Pelita Jaya ini masih masuk skuat yang dipersiapkan untuk SEA Games 2017 Malaysia.

Video: ?Juara Asia Angkat Berat Ini Terpaksa Kumpulkan Receh Demi Biaya Latihan
 


(ACF)