Road to Asian Games 2018

Lapangan Tempat Kejurnas Hoki Setara Venue Olimpiade 2016

Gregah Nurikhsani Estuning    •    09 Desember 2017 17:30 WIB
hokiasian games 2018
Lapangan Tempat Kejurnas Hoki Setara Venue Olimpiade 2016
Foto aerial proyek renovasi lapangan hoki di kompleks Gelora Bung Karno. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) berkesempatan untuk merasakan Lapangan ABC yang sudah selesai renovasi. Diproduksi di Australia dan sesuai standar internasional, lapangan itu memiliki kualitas setara dengan venue yang digunakan di Olimpiade Brasil 2016 silam.

PP FHI menjadi salah satu yang paling beruntung bisa memanfaatkan fasilitas anyar Lapangan C pasca diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu 2 Desember lalu. Padahal, menurut Ardi Poeloengan, Ketua Pelaksana Kejurnas Hoki 2017, sedianya Kejurnas akan digelar di Surabaya.

"Mulanya Kejurnas ini akan digelar di Surabaya. Tapi pekan lalu, setelah diresmikan Presiden Jokowi, beliau tanya kenapa pertandingannya tidak digelar di lapangan baru," kata Ardi.

Baca: Tak Ada Tekanan bagi Lee Chong Wei di Final Super Series 2017

Lapangan ABC terdiri dari tiga unit, yaitu Lapangan A, B, dan C, yang tentu saja dengan spesifikasi dan kebutuhan yang berbeda. Lapangan A menggunakan rumput natural berjenis Zoysia Japonica.

Lapangan B tak kalah istimewa. Menggunakan rumput Zoysia Matrella, sama seperti yang digunakan di Allianz Arena, markas Bayern Munchen, lapangan itu sudah mengacu pada standar internasional dari FIFA.

Lapangan C yang satu wilayah dengan arena Panahan memakai rumput sintetis. Diproduksi di Australia dan sudah memenuhi standar International Hockey Federation (FIH), tingkat kehalusan rumput sudah setara dengan apa yang dipakai di Olimpiade Brasil.

Baca: PP FHI Gelar Kejurnas Hoki untuk Seleksi Asian Games 2018

"Untuk rumput sintetis yang kita gunakan, tingkat kehalusannya sangat tinggi sehingga resiko pemain untuk cidera sangat kecil," jelas Anggoro Putro, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan Pelaksanaan Penataan Bangunan Strategi 3 Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PP FHI, Yasser Arafat menegaskan di Asian Games 2018 nanti, pihaknya mengincar perolehan medali di cabang olahraga hoki.

"Pesaingnya kuat semua, di antaranya dari China, India, Pakistan, Malaysia," kata Yasser.

Video: Rakernas PB Forki Bahas Persiapan Asian Games 2018