Road to Asian Games 2018

Gelar Test Event, Perbasasi Lakukan Banyak Simulasi

A. Firdaus    •    23 November 2017 00:05 WIB
asian games 2018
Gelar Test Event, Perbasasi Lakukan Banyak Simulasi
Salah satu laga di Test Event Road to Asian Games (Foto: Dok INASGOC)

Bandung: Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) dan PB Persatuan Bisbol dan Softbol Seluruh Indonesia (Perbasasi) kompak untuk fokus pada olahraga softbol. Sebab olahraga beregu ini membutuhkan penanganan berbeda, ketimbang individu.

Untuk itu mereka akan melakukan banyak simulasi saat menggelar test event cabang softbol "Road to Asian Games 2018" yang berlangsung, 20-23 November 2017 di Lapangan Lodaya, Bandung, Jawa Barat.

Test event tersebut diikuti empat tim putra dan empat tim putri. Ketua pengawas test event softbol Asian Games 2018 Indro Susilo, menyatakan dalam pertandingan itu digelar beberapa simulasi.

Klik di sini: Tunggal Putra Indonesia Berguguran pada Babak Pertama

Di antaranya mengenai perangkat penyelenggara pertandingan, penerapan alur pelaksanaan pertandingan, seperti menghitung perjalanan tim menuju lokasi pertandingan dan akurasi waktu yang dibutuhkan.

"Alhamdulillah dalam test event ini kami membuat rancangan terhadap target pelaksanaan dan itu sudah berjalan sangat baik sekali, misalnya target-target setiap pertandingan, pergantian game satu dengan yang lain, kedatangan tim dari hotel menuju venue. Semua itu berada dalam kerangka toleransi yang sangat baik," ujar Indro, Rabu (22/11/2017).

Klik di sini: Fakta Berantai yang Membongkar Pengaturan Skor di IBL

Wakil Deputi I Games Operation INASGOC Djoko Pramono, yang membuka test event di Lapangan Lodaya, mengaku pihaknya ingin agar Perbasasi memperhatikan hal-hal detil dalam menggelar pertandingan di cabang beregu.

"Ada tiga komponen yang bisa di uji dalam test event softbol ini, seperti SDM, manajemen organisasi, dan regulasi pertandingan. Oleh karena itu, saya berharap Perbasasi memperhatikan hal-hal yang detil. Semua harus disimulasikan," ujar Djoko Pramono.

Atlet Peraih Emas Asian Games Dijanjikan Bonus Rp5 M
 


(RIZ)