Kaleidoskop Olahraga 2017

September: Rossi Patah Kaki, Indonesia Berjaya di Korea

Gregah Nurikhsani Estuning    •    27 Desember 2017 00:10 WIB
kaleidoskop 2017
September: Rossi Patah Kaki, Indonesia Berjaya di Korea
Praveen Jordan dan Debby Susanto (kanan) saat berpose juara pada Korea Open 2017 (Foto: PBSI)

Jakarta: Cedera patah kaki yang menimpa Valentino Rossi membuka bulan September 2017. Di bulan yang sama, Indonesia bertarung di Korea Open dan Jepang Open. Sukses diraih pebulu tangkis Tanah Air.

Kecelakaan dialami Rossi saat mengendarai motor enduro off-road di timur Italia, Kamis 31 Agustus waktu setempat. Hebatnya, Rossi cuma membutuhkan kurang lebih tiga pekan untuk kembali ke tunggangannya.

Pada balapan di Misano, Yamaha memang tidak menunjuk pembalap pengganti untuk menemani Maverick Vinales. Namun, tim asal Jepang ini wajib menunjuk pembalap pengganti pada seri berikutnya, di MotoGP Aragon, Spanyol, karena regulasinya mewajibkan setiap tim menurunkan dua pembalap.

Yamaha langsung bergerak cepat menyeleksi empat pembalap yang disiapkan untuk menjadi pengganti Rossi. Mereka di antaranya, Alex Lowes dan Michael van der Mark yang saat ini membela Yamaha di ajang Superbike. Serta Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane yang merupakan pembalap penguji Yamaha.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, Yamaha akhirnya sepakat menunjuk Van der Mark untuk turun mendampingi Vinales di Aragon.

Beralih ke bulu tangkis, sukses diraih atlet andalan Indonesia di Korea Open. Itu menjadi obat kecewa karena di Vietnam dan Jepang, banyak pebulu tangkis Tanah Air bertumbangan.

Indonesia membawa pulang dua gelar di Korea Open. Gelar pertama diraih oleh ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto.

Gelar kedua Indonesia diraih Anthony Sinisuka Ginting. Bertarung melawan rekan kompatriotnya, Jonatan Christie, Ginting mampu menang lewat pertarungan tiga game 12-13 19-21 22-20.

Selain dua tajuk utama di bulan tersebut, berikut ini adalah kejadian-kejadian penting di bulan September 2017 yang telah dirangkum medcom.id.

1 September
Valentino Rossi Patah Kaki Saat Latihan
Tim Movistar Yamaha mengonfirmasi bahwa Valentino Rossi mengalami patah kaki saat menjalani latihan. Pembalap berjuluk The Doctor itu menjalani operasi. Selengkapnya klik tautan ini.

2 September
Pramuka dan BRI Bersatu Harumkan Nama Indonesia di Mont Blanc
Tim Kwarnas Gerakan Pramuka dan organisasi pecinta alam Vanaprastha akan mengharumkan nama Tanah Air dengan mendaki gunung tertinggi di Eropa Barat, Mont Blanc. Mereka akan berangkat pada Minggu 3 September dan dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 15 September. Selengkpanya klik tautan ini.

3 September
Menghina Wasit, Fabio Fognini Diusir dari US Open
Petenis Italia Fabio Fognini tak bisa menahan emosinya ketika ditaklukkan  Stefano Travaglia pada putaran pertama US Open 2017, Sabtu 2 September waktu setempat. Saat itu, ia menghina dengan kata-kata kotor wasit karena tidak menerima kekalahan. Selengkapnya klik tautan ini.

4 September
- Indonesia Boyong Satu Gelar dari India Junior International 2017
Indonesia berhasil membawa satu gelar juara dari India Junior International Grand Prix 2017. Gelar itu dipersembahkan ganda putra Rehan Naufal Kusharjanto/Rinov Rivaldy. Selengkapnya klik tautan ini.

- Petenis Latvia Hentikan Langkah Sharapova di US Open 2017
Maria Sharapova harus mengakhiri perjalanannya di US Open 2017. Langkahnya dihentikan oleh petenis asal Latvia, Anastasija Sevastova, Senin 4 September dini hari WIB. Selengkapnya klik tautan ini.

5 September
Nadal dan Federer Tembus Perempat Final AS Terbuka
Dua petenis unggulan Rafael Nadal dan Roger Federer berhasil menembus perempat final AS Terbuka 2017. Nadal mengalahkan mengalahkan Alexandr Dolgopolov sedangkan Federer menyingkirkan Philipp Kohlschreiber, Senin 4 September waktu setempat. Selengkapnya klik tautan ini.

9 September
Pasangan Ganda Putra Terbaik Malaysia Resmi "Bercerai"
Asosiasi Bulu tangkis Malaysia (BAM) akhirnya resmi "menceraikan" pasangan ganda putra tebaik yang mereka miliki, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Keduanya akan dipasangkan dengan pemain muda. Selengkapnya klik tautan ini.

10 September
Pebulu Tangkis Indonesia Hanya Rebut Dua Gelar di Vietnam
Tim bulu tangkis Indonesia hanya mampu menyumbang dua gelar juara di ajang Vietnam Open Grand Prix 2017. Prestasi itu didapat setelah wakil Indonesia mendominasi partai final di venue Nguyen Du Cultural Sports Club, Minggu 10 September. Selengkapnya klik tautan ini.

11 September
- Rafael Nadal Juara AS Terbuka 2017
Petenis Rafael Nadal sukses keluar sebagai juara Amerika Serikat Terbuka 2017. Nadal mampu mengalahkan petenis Kevin Anderson pada babak final, Senin 11 September waktu setempat. Selengkapnya klik tautan ini.

12 September
Sony Dwi Kuncoro Tersingkir
Langkah tunggal putra Sony Dwi Kuncoro di ajang Korea Open Super Series 2017 terhenti. Ia dikalahkan oleh wakil tuan rumah, Lee Dong Keun, Selasa 12 September waktu setempat. Selengkapnya klik tautan ini.

14 September
Valtteri Bottas Resmi Perpanjang Kontrak
Mercedes masih diperkuat Valtteri Bottas untuk musim depan. Kepastian itu didapat setelah kontrak pembalap asal Finlandia tersebut diperpanjang tim berjuluk Silver Arrow selama semusim. Selengkapnya klik tautan ini.

15 September
Sean Gelael Jalani Debut FP1 Formula 1
Pembalap muda Indonesia Sean Gelael menjalani debut sesi latihan bebas pertama balapan Formula 1 (FP1) dengan mulus. Pembalap berusia 20 tahun ini mampu mengontrol penuh mobil STR16 milik tim Toro Rosso dan menaklukkan sirkuit Marina Bay Singapura, Jumat 15 September 2017. Selengkapnya klik tautan ini.

16 September
Jonatan Ciptakan All Indonesian Final di Korea Open 2017
All Indonesian Final terjadi di Korea Open 2017. Kepastian itu didapat usai Jonatan Christie menang atas wakil Taiwan, Wang Tzu Wei pada semifinal yang berlangsung Sabtu 16 September. Selengkapnya klik tautan ini.

17 September
- Praveen/Debby Juara di Korea Open
Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto mempersembahkan juara Korea Open 2017. Mereka dengan mudah mengalahkan wakil Tiongkok, Wang Yilyu/Huang Dongping dua game langsung 21-17 21-18, Minggu 17 September di SK Handball Stadium. Selengkapnya klik tautan ini.

- Sudahi Perlawanan Jonatan, Ginting Rengkuh Trofi Korea Open 2017
Anthony Sinisuka Ginting memenangkan laga sengit menghadapi sesama tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Final Korea Open. Melalui pertarungan rubber game 21-13 19-21 22-20, Ginting menyudahi perlawanan Jonatan. Selengkapnya klik tautan ini.

18 September
Atletik Tambah Dua Medali Emas untuk Indonesia
Dua atlet atletik difabel asal Sumatera Utara sukses menyabet medali emas untuk kontingen Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin 18 September 2017. Selengkapnya klik tautan ini.

23 September
Indonesia Sabet Empat Gelar dari Singapura Series
Indonesia berhasil membawa pulang empat gelar dari ajang bulu tangkis Singapura Intrnational Series 2017. Hanya gelar di sektor tunggal putra yang gagal direbut pebulu tangkis Indonesia. Selengkapnya klik tautan ini.

Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2017
Kontingen Indonesia meraih prestasi menawan di ajang ASEAN Para Games 2017. Meski event masih tersisa sehari lagi, namun mereka sudah memastikan diri menjadi juara umum. Selengkapnya klik tautan ini.

24 September
Marcus/Kevin Rebut Gelar Juara di Jepang
Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil menjuarai ajang Japan Open Super Series 2017. Prestasi itu mereka raih setelah menaklukkan Takuto Inoue/Yuki Kaneko pada fase final, Minggu 24 September. Selengkapnya klik tautan ini.

Tim Repsol Honda Mendominasi MotoGP Aragon
Tim Repsol Honda berhasil mendominasi ajang MotoGP Aragon. Duo pembalapnya, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, sama-sama tampil menawan untuk mengisi dua podium teratas. Selengkapnya klik tautan ini.

25 September
Indonesia Sabet Gelar Juara Dunia Paralayang di Slovenia
Kontingen paralayang Indonesia tampil sebagai juara umum Kejuaraan Dunia Paralayang nomor Ketepatan Mendarat (Para Gliding Accuracy World Cup/PGAWC) 2017. Hasil itu didapat usai atlet-atlet paralayang Indonesia berlomba pada seri keempat atau final di Kobarid, Slovenia pada 21-23 September kemarin. Selengkapnya klik tautan ini.

26 September
INASGOC Umumkan Penambahan Cabor yang Dipertandingkan di Asian Games 2018
Panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) kembali mengumumkan penambahan Cabang Olahraga (Cabor). Selain itu, ada juga perubahan kategori disiplin atau perlombaan yang akan dipertandingkan. Selengkapnya klik tautan ini.

Marcus/Kevin kembali Tempati Peringkat Satu Dunia
Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kembali menempati peringkat satu dunia. Hasil itu didapatkan pasangan berjuluk The Minions itu usai meraih kemenangan di ajang Jepang Open Super Series 2017. Selengkapnya klik tautan ini.

29 September
Tiongkok Perpanjang Kontrak Kerja Sama Tuan Rumah F1 GP
Tiongkok resmi memperpanjang kontrak kerjasama sebagai salah satu tuan rumah Grand Prix Formula 1 (F1 GP). Menurut situs resmi F1, Jumat 29 September, setidaknya Shanghai akan tetap menjadi tuan rumah hingga tiga tahun ke depan. Selengkapnya klik tautan ini.

30 September
Pembalap 46 Tahun Juara Tour de Banyuwangi-Ijen 2017
Gelar juara International Tour de Banyuwangi-Ijen (ITdBI) 2017 menjadi milik Davide Rebellin, pembalap asal Italia. Meski telah berusia 46 tahun, Rebellin mampu menjadi yang tercepat dalam balapan empat etape sejauh 533 kilometer. Selengkapnya klik tautan ini.


(ACF)