Cabor Dansa

Atlet Dansa Kaltim Raih Medali Emas di Malaysia

Antara    •    28 November 2016 22:05 WIB
olahraga
Atlet Dansa Kaltim Raih Medali Emas di Malaysia
Ilustrasi dansa (Foto: ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

Metrotvnews.com, Samarinda: Pasangan pedansa asal Kalimantan Timur, Leo Gito Freddy-Florensia Inge, sukses meraih gelar juara pada "International Ballroom Dancing Championship" di Penang, Malaysia, yang dihelat 24-26 November 2016.

Sekretaris Pengurus Provinsi Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) Kaltim Luhur Wicaksono, Senin 28 November 2016, mengatakan pasangan Leo-Florensia meraih medali emas dari nomor pre-amateur standar ballroom.

"Leo dan Florensia meraih poin tertinggi dengan menyingkirkan pesaingnya dari Tiongkok, Malaysia, Thailand, dan Filipina," jelasnya.

Baca juga: Peluang Atlet Anggar Indonesia di SEA Games 2017

Luhur mengatakan keikutsertaan pedansa Kaltim pada kejuaraan internasional di Malaysia sebagai ajang uji coba dan mengasah kemampuan setelah gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat.

"Kami mengirimkan tiga pasangan pedansa, tetapi hanya satu pasangan yang berhasil meraih medali. Dua pasangan lainnya kalah di babak semifinal," ujarnya.

Menurut Luhur kegagalan dua pedansa Kaltim lainnya, yakni Ridwansyah-Stevanny dan Frengky-Lenny tidak terlalu mengecewakan, karena peserta dari negara lain tampil cukup memikat dan layak menjadi juara.

"Perlombaan berlangsung sportif, artinya memang para juara di kejuaraan itu sangat layak untuk menjadi pemenang dan bukan karena dibantu panitia," tambahnya.

Ia berharap prestasi di ajang internasional itu bisa memulihkan mental para atlet setelah gagal mewujudkan target medali emas pada PON 2016 di Jawa Barat.

Menurut Luhur, setelah PON 2016, banyak atlet dansa kecewa, bahkan beberapa di antaranya tidak aktif lagi menjalani program latihan.

"Kami berharap para atlet bisa melupakan kegagalan PON kemarin, karena masih banyak kejuaraan lain yang harus kita ikuti, termasuk untuk persiapan jangka panjang menuju PON 2020 di Papua," imbuhnya.(ant)

Video: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Hong Kong Terbuka 2016
 


(RIZ)