Kaleidoskop Olahraga 2017

Februari: Pertama Kalinya Indonesia Ikuti Asian Winter Games

Krisna Octavianus    •    22 Desember 2017 14:13 WIB
kaleidoskop 2017
Februari: Pertama Kalinya Indonesia Ikuti Asian Winter Games
Ilustrasi olahraga figure skating (Foto: ist)

Jakarta: Berita olahraga pada Februari tidak ada yang terlalu mencolok, tetapi dikirimnya atlet menuju Asian Winter Games atau event olahraga musim dingin menjadi sejarah. Itu untuk pertama kalinya Indonesia ikut Asian Games musim dingin.

Indonesia akan mengirim 54 atlet dan ofisial untuk berjuang pada tiga cabang olahraga, yakni ice hockey, figure skating, dan short track speed skating.

Kemenpora bahkan ikut mendukung dengan melepas dan mengukuhkan atlet wakil dari Indonesia di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis 9 Februari.

Salah satu berita yang menarik pada Februari adalah ketika Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) mendatangkan pelatih kelas dunia, Harry Marra. Impian PB PASI adalah bisa menyabet medali emas Olimpiade 2020.

Harry Marra adalah pelatih atletik terbaik 2016 versi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF). Dia didatangkan untuk mengangkat prestasi atletik Indonesia agar bisa berbicara lebih banyak di kancah dunia.

Berikut kejadian menarik di olahraga selama Februari 2017 yang berhasil kami rangkum:

2 Februari
Pemerintah mendukung penuh Ali Adrian Rusmiputro membawa harum nama Indonesia di ajang World Supersport 300 (WSSP). Hal itu terungkap di acara jumpa pers bertajuk Pelepasan dan Dukungan Kemenpora untuk Adrian di Media Center Kemenpora, Jakarta, Kamis 2 Februari 2017. (baca selengkapnya di sini)

2 Februari
Pembalap MotoGP asal Spanyol Jorge Lorenzo kembali mengunjungi Indonesia pada Kamis 2 Februari. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kedatangannya kali ini adalah sebagai pembalap tim Ducati. (baca selengkapnya di sini)

9 Februari
Pebulu tangkis andalan Malaysia, Lee Chong Wei mengalami cedera parah, yakni robek Medial Collateral Ligamen (MCL). Menariknya, cedera tersebut justru memicu perselisihan dengan Direktur Teknis Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) sekaligus legenda bulu tangkis Denmark, Morten Frost. (baca selengkapnya di sini)

9 Februari
Untuk kali pertama, Indonesia mengirimkan kontingen menuju Asian Winter Games atau event olahraga musim dingin Asia. Itu diketahui setelah digelarnya upacara pengukuhan dan pelepasan atlet di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis 9 Februari.

Asian Winter Games 2017 dijadwalkan berlangsung di Sapporo, Jepang, pada 19-26 Februari. Indonesia akan mengirim 54 atlet dan ofisial untuk berjuang pada tiga cabang olahraga, yakni ice hockey, figure skating, dan short track speed skating. (baca selengkapnya di sini)



10 Februari
Nico Rosberg memutuskan pensiun dari dunia F1 pada 2 Desember 2016. Keputusan itu ia ambil lima hari setelah menjuarai F1 musim 2016.

Keputusan Rosberg pensiun cukup mengejutkan banyak pihak. Sebab, pembalap asal Jerman tersebut masih dalam usia yang produktif untuk berkarier. Belakangan, dia mengungkap alasan pensiun karena ingin punya waktu lebih banyak dengan putrinya. (baca selengkapnya di sini)

15 Februari
Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengaku punya impian besar sebagai target jangka panjang. Mereka ingin ada atlet Indonesia yang menjadi juara Olimpiade 2020.

Untuk mencapai target tersebut, PB PASI mendatangkan pelatih asing guna mempersiapkan para atlet yang akan bertanding di berbagai ajang internasional. Salah satunya pelatih asal Amerika Serikat, Harry Marra. (baca selengkapnya di sini)

15 Februari
Atlet tembak asal Riau, Safrin Sihombing, tidak bisa menutupi kesedihannya. Peraih emas cabang menembak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016 itu tampak sedih saat dirinya menjalani sidang dengar pendapat di hadapan Dewan Disiplin Antidoping, Senin 13 Februari lalu.

Dengan didampingi sang istri, Ramona, dan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Riau, Ruswaldi Munir, Safrin mengatakan dirinya tidak tahu terdapat kandungan zat antidoping pada sampel A urinenya. (baca selengkapnya di sini)

16 Februari
Sprinter asal Jamaika, Usain Bolt mengatakan ia tidak menyesal tentang keputusannya untuk pensiun dari dunia atletik pada tahun ini. Pasalnya, ia sudah berhasil mencapai semua yang ia inginkan dalam olahraga. (baca selengkapnya di sini)

18 Februari
Badan Antidoping Dunia (WADA) telah mencabut sanksi yang diberikan kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI). Itu tercipta setelah pemerintah dalam hal ini Kemenpora menjalin komunikasi dengan WADA. (baca selengkapnya di sini)

19 Februari
Hajatan besar NBA All-Star 2017 juga turut dirasakan oleh pesepak bola sekelas Ronaldinho. Ia terpantau berada di New Orleans -tempat penyelenggaraan NBA All-Star- dan memberikan jersey La Blaugrana kepada bintang Golden State Warriors, Stephen Curry. (baca selengkapnya di sini)

20 Februari
Wilayah Barat berhasil memenangi pertandingan NBA All-Stars 2017 setelah mengalahkan tim Wilayah Timur, Senin 20 Februari. Tim Wilayah Barat mampu memetik kemenangan 192-182 dari Wilayah Timur pada laga di Smoothie King Center. (baca selengkapnya di sini)

23 Februari
Mantan center Houston Rockets, Yao Ming terpilih menjadi Presiden Asosiasi Bola Basket Tiongkok (CBA), Kamis 23 Februari. Menurut Xinhua, Yao menjadi Presiden CBA pertama yang berasal dari non-Pemerintah Tiongkok. (baca selengkapnya di sini)

24 Februari
Gatot Sulistiantoro Dewa Broto diangkat menjadi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora). Upacara pelantikan serta pengambilan sumpah jabatannya dipimpin langsung oleh Menpora Imam Nahrawi di Auditorium Gedung Kemenpora pada 24 Februari.

Gatot yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga diangkat berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32/TPA Tahun 2017. Terbitnya surat tersebut tak lepas dari peran Menpora yang memantau langsung dan merasakan dampak positif dari kinerjanya.  (baca selengkapnya di sini)

25 Februari
Penampilan memukau putri-putri Mutiara Cardinal Bandung berujung gelar juara Badminton Superliga 2017. Dengan berkekuatan seratus persen pemain lokal, tim yang dimotori Hanna Ramadini ini meraih kemenangan sempurna 3-0 atas Berkat Abadi. (baca selengkapnya di sini)

28 Februari
Semakin dekatnya pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang membuat Menpora Imam Nahrawi gencar melakukan sosialisasi termasuk mengajak pemuda Indonesia menjadi volunter (sukarelawan) kejuaraan terbesar Asia empat tahunan itu. (baca selengkapnya di sini)

 


(KRS)