Samuel Rizal: Timnas Basket Indonesia Butuh Pembenahan

A. Firdaus    •    22 Januari 2018 17:08 WIB
basket indonesia
Samuel Rizal: Timnas Basket Indonesia Butuh Pembenahan
Samuel Rizal (Foto: A. Firdaus/Medcom.id)

Jakarta: Tim nasional basket Indonesia memang tak memiliki target besar di Asian Games 2018. Padahal nantinya penyelenggaraan pesta olah raga terbesar di Asia itu terjadi di negara sendiri.

Mereka hanya membidik target 12 besar, jika ada 18 negara yang akan ikut serta. Hal itu disampaikan oleh pelatih timnas basket Indonesia, Fictor Gideon Roring beberapa waktu lalu.

Melihat kondisi tersebut, dianggap wajar oleh salah satu pebasket yang juga aktor ternama Indonesia, Samuel Rizal. Menurutnya perlu banyak yang dibenahi pada olahraga ini, tapi bukan untuk pemainnya. Melainkan struktur atau pola pembinaan di luar itu.

Klik di sini: Ganda Malaysia Beberkan Alasan usai Dipermalukan Fajar/Rian

"Sejauh ini saya belum mendapatkan gambaran tentang persiapan timnas Indonesia sejauh mana. Tapi untuk bisa menyaingi Filipina, perlu diubah dan dibedah satu persatu," ujar Samuel Rizal kepada Medcom.id.

"Perlu dibedah satu-satu seperti fisioterapinya, dari segi gizinya, enggak apa-apa kalau impor dari luar. Atau enggak mengirim tim ke luar untuk belajar mengenai hal-hal detail tersebut," terangnya.

Aktor yang berperan di film Eiffel I'm in Love ini menambahkan kalau untuk mempersiapkan tim yang bisa menyaingi Filipina atau bisa berbicara banyak di tingkat Asia, juga harus melihat dari efisiensi dan juga pola pemain.

"Kalau Anda mau menang, cara menggunakan biaya dan latihan Anda harus diubah. Karena semua harus sudah diatur baik saat saat kompetisi, musim libur, dan menjelan kompetisi. Semua sudah ada programnya," tandas perintis tim Aces Basketball tersebut.

Fajar/Rian Juara Malaysia Masters 2018



(ASM)