Surya Paloh Ingin Indonesia Berjaya di Asian Games

Yogi Bayu Aji    •    05 Mei 2018 14:27 WIB
asian games 2018
Surya Paloh Ingin Indonesia Berjaya di Asian Games
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. MI/Barry F.

Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ingin Indonesia berjaya di Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah, Indonesia harus bisa memberikan usaha terbaik pada ajang olahraga bergengsi tingkat Asia ini.

"Kalau kenang kembali Asian Game di negeri kita, hasilnya membesarkan membanggakan kita sebagai bangsa Indonesia. Kita runner up," kata Surya Paloh usai konsolidasi partai di Graha Asiah, Bengkulu, Sabtu, 5 Mei 2018.

Baca: Kalla: Indonesia Minimal 10 Besar di Asian Games 2018

Peristiwa yang dimaksud Surya adalah Asian Games 1962. Di Asian Games ke-4 itu, Indonesia sebagai juara 2 memperoleh 77 medali, sedangkan Jepang di posisi pertama dengan 161 medali.

Saat itu, dunia menyanjung prestasi kontingen Indonesia. Prestasi serupa harus ditunjukkan pada Asian Games yang dibuka pada Agustus 2018.

"Ini tantangan bangsa kita saat ini, setelah puluhan tahun berlangsung kembali Asian Games. Mudah-mudahan bisa tercapai," jelas dia. 

Baca: Panitia Asian Games Ajak Masyarakat Turun ke Jalan

Surya pun menepis bila hasil di Asian Games bakal menentukan kelanjutan Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Pasalnya, Asian Games dan pilpres adalah dua peristiwa yang berbeda.

"Enggak juga. Masa Asian Games menentukan. SEA Games saja kita nomor ceret enggak masalah. Bangsa kita sudah lupa dengan hal seperti itu," jelas dia. 





(DRI)