Bonus Rumah untuk Atlet Berprestasi Baru akan Diusulkan ke Presiden

A. Firdaus    •    06 September 2017 23:25 WIB
kemenporasea games 2017kemenpora ads
Bonus Rumah untuk Atlet Berprestasi Baru akan Diusulkan ke Presiden
Menpora Imam Nahrawi saat bertemu dengan Menteri PUPR, Basuki Muljono terkait realisasi ide pemberian bonus rumah buat atlet berprestasi di ajang internasional (Foto: MTVN/A.Firdaus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ide dan gagasan untuk memberikan bonus kepada atlet peraih medali emas coba diusung Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Sebagai salah satu bentuk keseriusannya, Imam menggandeng Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Muljono.

Menpora langsung menyambangi kantor Kementerian PUPR, Rabu 6 September untuk melakukan diskusi tentang ide tersebut. Ide yang dimaksud adalah memberikan bonus rumah untuk atlet yang berprestasi.

Meski baru berbentuk gagasan, tapi disambut baik oleh Basuki yang menganggap ini adalah langkah yang tepat. Mengingat atlet merupakan sosok yang cepat dilupakan sehingga kesejahteraan mereka hanya pada saat berprestasi saja.

"Menpora datang ke kami untuk mendiskusikan kemungkinan yang bisa diberikan sebagai bonus kepada para atlet yang berprestasi dari Olimpiade, SEA Games, dan Asian Games sesuai porsinya PUPR ini," ujar Basuki.
 

Baca: Temui Menpan-RB, Menpora Realisasi Bonus PNS Peraih Emas SEA Games


"Kebetulan kami di sini ada program perumahan, ini bisa dijadikan alternatif sebagai bonus. Tapi ini baru diskusi kami untuk diusulkan ke Presiden," lanjutnya.

"Kalau Presiden setuju, saya hanya tunggu perintah pasti akan kami programkan. Karena olahragawan ini bagai seniman. Kalau lagi berprestasi dikenang kalau sudah lewat tidak ada yang mengenal lagi," imbuhnya.

Basuki berharap ide tersebut bisa terealisasi. Pasalnya pengorbanan atlet cukup besar. Terutama yang masih muda, di mana mereka harus meninggalkan masa sekolahnya dan semua pengorbanan itu patut diberikan penghargaan.

"Penghargaan itu harus bisa dirasakan karena pengorbanan mereka tidak main-main. Yang masih muda harus meninggalkan sekolah, kita harus bisa menghargai para olahragawan," terangnya.
 

Baca juga: Kemenpora Pastikan Alat untuk ASEAN Paragames Sudah Siap


Lebih lanjut Menpora Imam Nahrawi merasa berterima kasih karena Menteri PUPR menyambut baik ide yang ia lontarkan. Kini Imam bakal melaporkan ide tersebut ke Presiden.

"Ide dan usulan kami mendapat respon yang sangat baik dari PUPR. Tinggal bagaimana kita sama-sama laporkan ide ini ke presiden dan saya akan sampaikan itu bahwa bonus rumah itu bisa jadi salah satu opsi bagi masa depan atlet," jelas Imam.

"Sebab ini juga bagian dari komitmen presiden yang tidak ingin masa depan atlet itu suram, lebih-lebih untuk atlet berprestasi. Jadi nanti akan saya sampaikan di rapat terbatas dan menunggu arahan pak presiden," tutur Imam.

Video: ?Butet: Kesejahteraan Atlet akan Diikuti Regenerasi yang Baik
 


(ACF)