Jelang PON 2016

37 Rumah Sakit Umum dan Swasta Disiapkan untuk PON 2016

Krisna Octavianus    •    13 September 2016 01:00 WIB
pon 2016
37 Rumah Sakit Umum dan Swasta Disiapkan untuk PON 2016
Logo PON 2016 (Foto: ist)

Metrotvnews.com, Bandung: Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat menyebut sebanyak 37 rumah sakit siap menangani keperluan kesehatan atlet dan kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. 37 RS tersebut terdiri dari rumah sakit umum daerah (RSUD) dan swasta.

"Total ada 37 rumah sakit swasta dan kabupaten/kota (RSUD) yang siaga terkait PON 2016 nanti," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat
Alma Lucyati, di Bandung, Senin (12/9/2016).

Alma mengatakan selain menyiapkan petugas kesehatan, Dinkes Jabar juga menyiapkan obat-obatan yang telah distandarisasi oleh pihak terkait karena setiap obat yang ada harus terhindari dari unsur doping. Alma yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Kesehatan PB PON 2016 Jabar mengaku sudah siap dalam menyambut ajang olah raga terbesar di Indonesia itu, termasuk sejak kirab obor PON.

"Kemudian mereka pun sudah berjaga di setiap pintu-pintu kedatangan atlet. Di bandara Husein Sastranegara, di stasiun, kita sudah siapkan petugas-petugas kesehatan untuk para kontingen," kata Alma.

Menurut Alma, selain personal dari Dinkes Provinsi Jabar, tim yang dipimpinnya ini merupakan gabungan dari berbagai pihak lain seperti dinas kesehatan kabupaten/kota, petugas kesehatan dari rumah sakit swasta, hingga unsur TNI/Polri. 

"Contohnya, untuk venue yang hanya mempertandingkan satu nomor, pihaknya menyiapkan seorang dokter beserta perawat. Namun kalau untuk pertandingan yang banyak, seperti bulu tangkis kan bisa sampai tiga pertandingan, kita lipatgandakan petugasnya," kata Alma. 

Lebih lanjut ia mengatakan di setiap penginapan dan venue itu, disediakan satu ruang khusus kesehatan. (ANT)

 


(KRS)