PON 2016 Cabang Squash

Diwarnai Kericuhan, Jatim Juara Squash Beregu Campuran

Roni Kurniawan    •    26 September 2016 22:48 WIB
pon 2016
Diwarnai Kericuhan, Jatim Juara Squash Beregu Campuran
Pengalungan medali cabang squash nomor beregu campuran (Foto: MTVN/Roni)

Metrotvnews.com, Bandung: Tim beregu campuran squash Jawa Timur akhirnya meraih medali emas usai menundukan tuan rumah Jawa Barat dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Kemenangan tim Jatim diwarnai kericuhan antara suporternya dengan pihak keamanan di area penonton di Siliwangi Squash Center, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 26 September 2016 malam tadi.

Di final, tim Jabar yang diperkuat Sandi Arisma, Femmy Meydini dan Andi Hasanudin harus takluk dari tim Jatim yang dihuni Soni Ramdhani, Irma Maryani dan Yonas Belo dengan skor 1-2.

Dalam laga penuh emosional tersebut, Jabar sebetulnya mampu unggul di game pertama melalui Sandi usai mengalahkan Soni dalam laga lima set dengan skor 3-2.

Namun, pada game kedua atlet putri Jabar Femmy Meydini harus takluk dari atlet putri Jatim Irma Maryani dengan skor mencolok 0-3. Sehingga kedudukan menjadi sama kuat 1-1.

(Baca juga: Juara Squash Beregu Campuran Harus Ditentukan Lewat Game Ketiga)

Sementara di game pamungkas, Jabar melalui atlet putra Andi Hasanudin tak berdaya menghadapi perlawanan atlet putra Jatim Yonas Belo dengan skor tiga set tanpa balas.

Game ketiga sempat terhenti beberapa saat menjelang akhir. Bahkan wasit mengancam menghentikan game tersebut dan menyatakan tidak ada pemenang jika kericuhan antara suporter Jatim dan pihak keamanan pertandingan tidak berhenti.

Wasit akhirnya kembali melanjutkan setelah petugas mengamankan seorang suporter Jatim yang dinilai memprovokasi kericuhan tersebut.

Keberhasilan tim Jatim tersebut disyukuri pelatih Nafzahizam Adnan. Pasalnya, medali emas di nomor terakhir cabor squash itu sekaligus mematahkan target Jabar yang ingin menyapu bersih medali emas.

Pelatih asal Malaysia ini sempat cemas dengan permainan anak asuhnya, terlebih pada game pertama Jatim harus tertinggal terlebih dahulu. "Sebenarnya peluang dapat emas terbuka. Cuma tadi saya enggak bisa menahan tegang. Tapi alhamdulillah kita bisa menang," tuturnya.

Hasil tersebut diakuinya sesuai target yang telah dicanangkan sebelumnya, yakni meraih satu medali emas. Pasalnya empat emas dari empat nomor yang telah dipertandingkan diraih semua oleh tim Jabar.

"Ini sesuai target, emang kita (targetnya) satu emas. Karena Jabar sudah dapat empat emas. Jadi senang juga bisa patahkan Jabar untuk sapu bersih semua emas," pungkasnya.

Berikut hasiil final squash nomor bergu campuran Jabar vs Jatim

Sandi Arisma (Jabar) Vs Soni Ramdhani (Jatim) 3-2 (6/11, 11/5, 11/9, 7/11, 11/1)
Femmy Meydini Lazuardi (Jabar) Vs Irma Maryani (Jatim) 0-3 (10/12, 5/11, 4/11)
Andi Hasanudin (Jabar)  Vs Yonas Belo (Jatim) 0-3 (7/11, 9/11, 4/11)
 
Video: Kericuhan Warnai Pertandingan Final Gulat Putra


(RIZ)