US Open 2017

Juan Martin Del Potro Merusak Skenario Duel Klasik Federer vs Nadal

Achmad Firdaus    •    07 September 2017 16:13 WIB
tenisus open
Juan Martin Del Potro Merusak Skenario Duel Klasik Federer vs Nadal
Juan Martin Del Potro. (Foto: AFP/Tasos Katopodis)

Metrotvnews.com, New York: Mimpi pecinta tenis dunia untuk menyaksikan duel klasik antara Roger Federer vs Rafael Nadal di pentas US Open 2017 akhirnya harus kandas. Laga klasik tersebut tidak akan terwujud lantaran Federer sudah tersingkir.

Petenis Argentina, Juan Martin Del Potro menjadi aktor di balik gagalnya pertemuan perdana Federer vs Nadal di pentas US Open. Ya, meski sudah sering berhadapan di ajang grand slam, namun, keduanya belum sekalipun bertemu di US Open.

Federer sejatinya diunggulkan untuk bisa mengalahkan Del Potro pada babak perempat final dan kemudian bersua Nadal di semifinal. Selain punya ranking yang jauh lebih baik (3 vs 28 dunia), Federer juga hanya lima kali kalah dari 21 kali bentrok. Bahkan, tiga pertemuan terakhir yang melibatkan kedua petenis dalam rentang empat tahun, Federer selalu mampu mengalahkan Del Potro.

Baca: Alonso Melempem, Mantan Bos Angkat Bicara


Namun, fakta yang terjadi di lapangan Arthur Ashe Stadium, Rabu 6 September malam waktu setempat itu, justru bertolak belakang. Del Potro di luar dugaan tampil impresif dan memaksa Federer bekerja keras sebelum akhirnya menutup laga empat set dengan skor 7-5, 3,6, 7-6 (10-8) dan 6-4.

"Saya tidak tahu di mana titik baliknya, mungkin saya hanya beruntung. Saya tidak percaya saya kembali (ke performa terbaik), apalagi setelah cedera yang saya alami," ujar Del Potro usai pertandingan.

"Saya rasa, saya memainkan pertandingan terbaik sepanjang turnamen. Servis saya bagus, forehand saya juga sangat baik," lanjutnya.

Bagi Del Potro, kemenangan ini membuka peluangnya untuk merebut titel US Open keduanya. Sebelumnya, Del Potro sukses menjuarai US Open pada tahun 2009. Uniknya, kala itu Del Potro juga  sukses menaklukkan Federer pada babak final.

Baca: Toto Wolff Kritik Pemantau Cuaca untuk F1


Pada babak semifiinal nanti, Del Potro akan berhadapan dengan petenis peringkat satu dunia, Rafael Nadal yang memastikan diri lolos usai mengalahkan Andrey Rublev. 

"Saya serasa bermain di kandang ketika tampil di lapangan (Arthur Ashe) ini. Fan selalu membuat saya bahagia setiap kali bermain di sini. Saya harap, saat melawan Rafa (Nadal) nanti fan akan kembali mendukung saya," tandasnya.

Video: Ini Target Owi/Butet Selanjutnya
 


(ACF)