Olimpiade Paris 2024

Paris Resmi Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024

A. Firdaus    •    01 Agustus 2017 13:15 WIB
olimpiade 2020
Paris Resmi Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024
Meski masih tujuh tahun lagi, Paris telah mengeluarkan logo resmi Olimpiade 2024 (Foto: Indiatoday)

Metrotvnews.com, Paris: Ibu Kota Prancis, Paris resmi terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2024. Kepastian itu disampaikan langsung oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC), Senin waktu setempat.

Sejatinya Paris hanya bersaing dengan kandidat favorit lainnya, Los Angeles. Mereka bersaing setelah beberapa kota lainnya mengundurkan diri.

Tapi pada akhirnya, Los Angeles menerima hadiah hiburan berupa tuan rumah Olimpiade selanjutnya, yaitu pada 2028. Sehingga Paris berhak untuk menggelar pesta olahraga musim panas pada 2024.

Klik di sini: Pemprov Sumsel Jalin Kerjasama dengan LPDUK Terkait Venue Boling Asian Games 2018

"IOC menyambut baik keputusan panitia Olimpiade dan Paralympic Los Angeles ini," demikian pernyataan dari IOC.

Keputusan tersebut berangkat dari ratifikasi resmi oleh IOC pada pertemuan yang berlangsung di Peru, September lalu. Dan membuka jalan bagi Los Angeles dan Paris untuk tergabung dengan London, sebagai kota yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade, baik musim panas maupun musim dingin selama tiga kali.

Di era modern, Amerika Serikat terakhir kali menyelenggarakan Olimpiade pada musim panas 1996 di Atlanta. Sedangkan kesempatan pertama adalah pada Olimpiade 1904 yang dipentaskan di St. Louis, Missouri.

Klik di sini: Ferrari Indikasikan Vettel dan Raikkonen Bertahan

Secara keseluruhan, AS telah menyelenggarakan Olimpiade sebanyak sembilan kali (lima musim panas dan empat musim dingin). Presiden AS, Donald Trump, memuji kabar tersebut dalam sebuah pernyataan selamat dari Gedung Putih.

"Saya yakin bahwa Olimpiade Musim Panas di Los Angeles akan mencontohkan Olimpiade ideal dan semangat Amerika, dan kami berharap dapat menjamu mereka," katanya.

"Saya dengan bangga mengumumkan bahwa Olimpiade akan kembali ke Amerika Serikat," ujar Walikota Los Angeles Eric Garcetti di kompleks olahraga StubHub Centre Carson di pinggiran kota.

Sedangkan Prancis telah menyelenggarakan Olimpiade sebanyak enam kali sepanjang pesta olahraga dunia itu diadakan. Masing-masing tiga kali pada musim panas dan musim dingin.

Terakhir Prancis menggelar olimpiade pada 1924. Sementara pertama kali mereka menyelenggarakan terjadi pada 1900, di mana keduanya berlangsung di Paris.

Kini Paris akan kembali menggelar Olimpiade musim panas 2024. Rencananya akan berlangsung pada 2 hingga 18 Agustus.

Paris Kandidat Tunggal Tuan Rumah Olimpiade 2024
 


(FIR)