Kemenpora Apresiasi Penyelenggaraan Porsemanas I

Pelangi Karismakristi    •    10 April 2018 13:05 WIB
berita kemenpora
Kemenpora Apresiasi Penyelenggaraan Porsemanas I
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh bersama Rais Aam PBNU KH. Ma'ruf Amin dan Ketua LP Ma`arif NU Arifin Junaidi meluncurkan Porsemanas. Foto: Dok. Kemenpora

Jakarta: Pekan Olahraga dan Seni Ma'arif NU Nasional (Porsemanas) I Tahun 2018 resmi diluncurkan. Porsemanas akan berlangsung pada 16-20 Juli 2018, di Stadion Gajayana, Malang, Universitas Islam Malang (Unisma) dan UIN Syekh Maliki Malang.

Seremoni peresmian dilakukan dengan menekan tombol bersama antara Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh, Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin dan Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma`arif NU Arifin Junaidi di Gedung PBNU, Kramat Raya, Jakarta, Senin 9 April 2018.

"Kami dari Kemenpora mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi Pengurus LP Ma'arif NU yang telah menggelar Porsemanas I. LP Ma’arif NU  merupakan  lembaga pendidikan terbesar yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap pendidikan," ucap Asrorun dilansir  Kemenpora.go.id.

Asrorun juga mengatakan bahwa jumlah populasi warga NU adalah yang terbesar, maka suka tidak suka LP Ma'arif NU berpartisipasi maka warga NU bertanggung jawab untuk mendukungnya. Dia juga menyatakan Kemenpora khususnya Deputi III yang membidangi pembudayaan olahraga bisa mengoptimalkan sinergi ini.

"Selama ini Deputi III sudah melaksanakan sinergi yang cukup baik dengan Liga Santri Nusantara. Semoga sinergi ini akan lebih baik lagi dan meningkat. Mudah-mudahan acara ini memiliki manfaat bagi warga NU dan masyarakat dalam membangun masyarakat yang sehat," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LP Ma'arif NU Arifin Junaidi menjelaskan bahwa digelarnya Porsemanas tak semata hanya sebagai adu ketangkasan peserta didik. Melainkan juga menjadi sarana efektif dalam mengampanyekan Islam modern yang berkembang di Indonesia.

"Oleh karena itu, tidak hanya konsisten dalam menetapkan cabang olahraga, tetapi seni dan budaya juga akan di kontestasikan dalam rangka  dan mengampanyekan moderasi Islam yang rahmatan lil'alamin kepada generasi muda khusus, dan masyarakat umum," tukas Arifin.


Untuk diketahui, Porsemanas melibatkan1000 atlet dengan 300 ofisial. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi bola voli, bulutangkis, tenis meja, atletik, futsal, pencak silat Pagarnusa, senam Islam Nusantara, dan catur. Sedangkan seni dan budaya yang diperlombakan terdiri dari hadrah, qasidah modern, paduan suara, kaligrafi, puisi religi, pidato Bahasa Arab dan Inggris, MTQ, MSQ, serta Cerdas Cermat Aswaja.


(ROS)