Perayaan Hari Olahraga Nasional 2018

Api Asian Para Games Singgah di Kedaton Kesultanan Ternate

Rendy Renuki H    •    08 September 2018 15:18 WIB
olahragaasian para games
Api Asian Para Games Singgah di Kedaton Kesultanan Ternate
Lentera api abadi Asian Para Games 2018 diserahkan Wakil Ketua INAPGOC Raden Isnanta kepada perwakilan Kesultanan Ternate Jogugu Kadato Burhan Abdurrahman. (Foto: Rendy/Medcom.id)

Ternate: Api Asian Para Games (APG) 2018 singgah di Kedaton Kesultanan Ternate, Sabtu 8 September. Api abadi asal Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah yang ditaruh di lentera itu akan menginap di Kedaton Kesultanan Ternate sebelum disulut ke obor pada puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas), Minggu 9 September besok.

Lentera api diantarkan langsung Wakil Ketua Penyelenggara APG 2018 (INAPGOC) Raden Isnanta. Lentera diterima langsung perwakilan Kesultanan Ternate Jogugu Kadato Burhan Abdurrahman yang sekaligus menjabat wali kota Ternate.

Klik: Cedera Lutut, Rafael Nadal Mundur dari Semifinal US Open

Selain lentera api, perwakilan INAPGOC juga menyerahkan obor Asian Para Games 2018 kepada perangkat Kesultanan Ternate. Obor diserahkan langsung Sekjen INAPGOC Bayu Rahardian kepada Kie Malahan Marsaoly.

"Alhamdulillah, hari ini lentera api APG dari pemerintah kepada Kesultanan Ternate untuk disemayamkan semalam. Kami rakyat Ternate dan seluruh perangkat adat Kesultanan turut berbahagia diberikan kepercayaan untuk ikut menyukseskan APG," tutur Burhan Abdurrahman.

"Satu helatan olahraga tingkat internasional ini memberikan pemahaman bagi kita semua bahwa teman-teman disabilitas memiliki kesempatan yang sama di segala bidang termasuk olahraga. Kami akan memberikan dukungan maksimal agar disabilitas Indonesia sukses dalam APG," sambungnya.

Klik: Gebyar Haornas Awali Rangkaian Kegiatan di Ternate

Sementara, Raden Isnanta berharap kehadiran api obor Asian Para Games yang merupakan rangkaian acara Haornas 2018 di Ternate ini membuat masyarakat sekitar mendukung dan menyukseskan APG 2018. 

"Hari ini api yang telah kita ambil dari Mrapen Jawa Tengah telah melewati prosesi, kali ini masuk ke Ternate. Ini menandakan bahwa semangat peduli terhadap kaum disabilitas, semangat kesetaraan terhadap kaum disabilitas akan terus berkobar dan menghiasi Kota Ternate," kata Isnanta yang juga menjabat Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora.

Sebelum tiba di Ternate, api Asian Para Games 2018 diarak dengan pawai obor (torch relay) di Kota Solo Jawa Tengah pada 4-6 September lalu. Torch relay APG 2018 di Ternate sendiri akan digelar berbarengan puncak Haornas pada Minggu 9 September besok.




(KAU)